Polri dan TNI Upayakan Pembebasan Pilot Susi Air Secara Soft Approach

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 03 Maret 2023 | 19:30 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo/ Dok. Polri
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo/ Dok. Polri

SinPo.id - Polri menyebut bahwa tim gabungan bersama TNI terus mengupayakan pembebaskan Pilot Susi Air Philip Mark, yang masih disandera KKB di Papua.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebut, jika tim gabungan Polri/TNI melakukan upaya pembebasan dengan cara pendekatan soft approach bersama Pemda hingga tokoh agama setempat.

"Satgas Damai Cartenz, tentunya dengan TNI-Polri didukung Pemda, tokoh agama setempat berupaya dengan pendekatan soft approach. Semoga pilot tersebut dikembalikan dalam keadaan sehat juga," ujar Dedi, Jumat, 3 Maret 2023.

Dedi menegaskan, Polri tidak memiliki batas waktu dalam operasi pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark. Oleh karena itu, kata dia, pihaknya terus menjaga komunikasi antara pemerintah daerah dan KKB guna memastikan kondisi keselamatan pilot tersebut. 

"Komunikasi antara pemerintah daerah dan KKB itu yang masih diutamakan dulu, dan yang paling utama adalah keselamatan pilot menjadi faktor penentu," tuturnya.

Lebih lanjut, Dedi mengungkapkan, belum dapat memastikan kapan evakuasi pilot Susi Air tersebut bisa dilakukan, lantaran terkendala medan yang berat dan sulitnya komunikasi dalam proses evakuasi.

"Belum berani memastikan (kapan bisa dievakuasi), karena di sana jalur komunikasi susah," kata Dedi menjelaskan.sinpo

Komentar: