waspada bencana alam

Sejumlah Wilayah di Jakarta Ini Berpotensi Longsor

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 02 Maret 2023 | 17:38 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memprediksi sepuluh Kecamatan di Jakarta berpotensi terjadi tanah longsor dengan tingkat zona menengah. Informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), wilayah itu meliputi Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Timur (Jaktim).

"Prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG," tulis akun Instagram @bpbddkijakarta seperti dikutip pada Kamis 2 Maret 2023.

Sejumlah wilayah di Jakarta Selatan yang rawan itu meliputi Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, dan Pesanggrahan. Sedangkan di Jakarta Timur, meliputi wilayah kecamatan Kramat Jati, dan Pasar Rebo.

Potensi longsor di zona menengah dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan. Sementara itu pada zona tinggi dapat terjadi gerakan tanah lama.

"Untuk itu, kepada lurah, camat, dan masyarakat diimbau untuk tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal," tulis laporan itu lebih lanjut.sinpo

Komentar: