Seluruh Kota dan Kabupaten di DKI Jakarta Raih Adipura

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 28 Februari 2023 | 15:45 WIB
Foto: Ilustrasi Jakarta/pixabay
Foto: Ilustrasi Jakarta/pixabay

SinPo.id - Seluruh kota administrasi dan kabupaten di DKI Jakarta meraih penghargaan Adipura untuk pertama kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan penghargaan ini merupakan seuah capaian yang dapat dibanggakan oleh seluruh warga Jakarta.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Penjabat Gubernur atas arahannya, para wali kota, bupati, para camat dan lurah, beserta jajaran Suku Dinas Lingkungan Hidup, maupun seluruh warga DKI Jakarta sebab diterimanya penghargaan Adipura ini tentu tidak lepas dari kerja keras dan kerja nyata setiap pihak yang terlibat,” kata Asep Kuswanto, dalam keterangannya pada Selasa, 28 Februari 2023.

Asep menjelaskan, DKI Jakarta pada tahun telah mendapatkan penghargaan di seluruh kota dan kabupaten dengan rincian empat Anugerah Adipura, dua Sertifikat Adipura, dan satu Plakat Adipura.

Adapun anugerah Adipura diterima oleh Kota Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan. Sedangkan sertifikat Adipura diterima oleh Kota Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu. 

"Plakat Adipura diterima oleh Jakarta Selatan dengan Tebet Eco Park nya sebagai Taman Kota Terbaik," ujarnya.

Asep melanjutkan bahwa peningkatan Penghargaan Adipura yang diterima oleh Provinsi DKI Jakarta ini menjadi salah satu bukti keseriusan semua pihak dalam menggarap isu lingkungan hidup dan pengelolaan sampah dalam kewenangannya masing-masing. 

“Seperti dengan adanya implementasi Pergub 77 tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga yang menjadi tonggak berdirinya Bidang Pengelolaan Sampah (BPS) di setiap RW," ucap Asep.

Selain itu, Asep juga memaparkan bahwa Pemprov (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya melakukan pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu, tengah, sampai ke hilir. 

Di bagian hulu, lanjut Asep, Pemprov DKI Jakarta mengajak masyarakat agar melakukan pengurangan sampah sejak dari rumah tangga dan pendampingan BPS RW. Di bagian tengah, dilakukan peningkatan fungsi TPS menjadi TPS 3R di berbagai lokasi agar sampah dapat diolah dan diminimalkan sebelum residu diangkut ke TPST Bantargebang. 

"Di bagian hilir, dilakukan program optimalisasi TPST Bantargebang seperti pembangunan Landfill Mining, RDF Plant, dan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)," jelasnya.

Untuk melengkapi seluruhnya, gerakan Jakarta Sadar Sampah dan Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) Lingkungan dibentuk sebagai wadah edukasi kepada masyarakat.

Berikut capaian Adipura DKI Jakarta dari tahun ke tahun : 

- 2012: empat Anugerah Adipura

- 2013: tiga Anugerah Adipura;

- 2014: tidak memperoleh

- 2015: tidak memperoleh

- 2016: satu Anugerah Adipura

- 2017: dua Anugerah Adipura dan dua Sertifikat Adipura

- 2018: dua Plakat Adipura, yaitu Jakarta Selatan untuk pasar terbaik dan Jakarta Timur untuk hutan kota terbaik

- 2019-2021: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tidak mengumumkan penghargaan Adipura dikarenakan pandemi COVID-19.sinpo

Komentar: