Andy Murray Pastikan Langkahnya di Final Qatar Open 2023

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 25 Februari 2023 | 13:42 WIB
Andy Murray/Britanica
Andy Murray/Britanica

SinPo.id -  Petenis Skotlandia Andy Murray menyelamatkan lima match point untuk mengatasi petenis Ceko Jiri Lehecka di babak semifinal sekaligus memastikan tempat di final Qatar Open, Jumat, 24 Februari 2023 waktu setempat.

Petenis berusia 35 tahun itu merayakan kemenangan 6-0, 3-6, 7-6 (8/6) yang membawanya ke final tur ATP pertamanya setelah delapan bulan dengan penuh kegembiraan.

Selanjutnya, mantan peringkat satu dunia itu harus menghadapi petenis Rusia peringkat delapan dunia Daniil Medvedev yang mengalahkan petenis Kanada Felix Auger-Aliassime 6-4, 7-6 (9/7) di semifinal.

"Itu adalah salah satu perubahan haluan yang paling menakjubkan dalam karier saya," kata Murray yang pernah memenangi Qatar Open dua kali, seperti dikutip dari AFP, Sabtu, 25 Februari 2023.

"Saya tidak tahu bagaimana saya berhasil membalikkan pertandingan itu." kata Andy.

Murray menyelamatkan dua match point dengan servisnya sendiri dan tiga match point ketika lawannya yang berusia 21 tahun itu mencoba menyelesaikan kemenangan dengan servisnya sendiri.

Petenis Inggris yang menjalani operasi pinggul pada 2019 itu telah bangkit dari delapan match point dalam empat pertandingan di turnamen Doha.

Dia melalui tie-break dan bermain tiga set di setiap pertandingan pada pekan ini.

"Saya tidak pernah mengalami ini sepanjang karier saya," ujar Murray.

Setelah merebut set pertama tanpa kehilangan satu gim pun hanya dalam waktu 32 menit, Murray yakin pertandingan tersebut akan berjalan lebih mudah.

"Kemudian justru berubah menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda," kata dia.

Lehecka menemukan kembali servisnya dengan pukulan yang kuat untuk merebut set kedua ketika dia mematahkan servis Murray. Pada set penentuan, Murray berusaha menahan hingga tie break.

"Pekan ini bisa saja berakhir dengan sangat berbeda," kata juara Wimbledon dua kali itu.

"Tetapi cara saya bermain di saat-saat yang sangat penting, saat-saat kritis menunjukkan bahwa ada kepercayaan diri dan keyakinan dalam permainan saya yang telah hilang untuk sementara waktu."

Murray terakhir mencapai final ATP di Stuttgart Juni 2022. Dia belum pernah memenangi turnamen sejak Antwerpen pada 2019 dan selalu kalah dari Medevedev dalam dua set langsung di masing-masing dari dua pertemuan mereka.sinpo

Komentar: