Pameran Seni Agawe Santosa Digelar di Semarang Gallery

Laporan: Sinpo
Jumat, 24 Februari 2023 | 00:29 WIB
Ilustrasi pameran lukisan/pixabay
Ilustrasi pameran lukisan/pixabay

SinPo.id -  Pameran "Seni Agawe Santosa" dipamerkan di Semarang Gallery, Semarang. Dipamerkan lukisan karya 45 seniman lintas generasi. 

"Semarang Gallery mewadahi 45 seniman Yogya dan Jawa Tengah bersekutu mempresentasikan karyanya," kata Seniman Butet Kartaredjasa, di sela pembukaan pameran "Seni Agawe Santosa" di Semarang, Kamis 23 Februari 2023 malam.

Butet menjelaskan bahwa pameran itu mengambil tema "Seni Agawe Santosa" dengan pemaknaan bahwa seni memiliki kekuatan untuk menyejukkan situasi kehidupan bangsa, termasuk situasi politik.

"'Seni Agawe Santosa' juga perlu kita maknai karena tahun ini adalah tahun yang berpotensi menjadi hangat. Mudah-mudahan tidak sampai mendidih karena kita menuju Pilpres 2024," kata dia.

Sejumlah lukisan itu di antaranya
"Walisongo" karya KH Ahmad Mustofa Bisri. Butet juga memamerkan lukisan karyanya, yakni berjudul "Wirid Nusantara".

Nama-nama besar pelukis, seperti Djoko Pekik, Kartika Affandi, Putu Sutawijaya, dan Nasirun tak ketinggalan memajang karyanya pada pameran yang berlangsung hingga 23 April mendatang.

Dengan "Seni Agawe Santosa", Butet mengharapkan seni menciptakan kesentosaan dan di hari-hari mendatang bisa menciptakan ketenteraman dan kesejukan bangsa menuju nusantara yang lebih baik.
 sinpo

Komentar: