Hadiri Upacara SMAN 71, Heru: Tingkatkan Budaya Literasi, Hindari Hoaks

Laporan: Sinpo
Selasa, 21 Februari 2023 | 21:43 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono/ beritajakarta
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono/ beritajakarta

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjadi pembina upacara di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 71, Duren Sawit, Jakarta Timur. Dalam kesempatan tersebut, ia mengimbau para siswa terus meningkatkan budaya literasi dan tidak menyebarluaskan berita atau informasi hoaks.

"Saya ingin memberi semangat kepada para siswa agar selalu meningkatkan prestasinya. Untuk SMAN 71 saat ini prestasinya se-DKI adalah peringkat ke-18. Bisa naik atau tidaknya peringkat itu adalah hasil kerja keras bersama-sama Bapak/Ibu guru, kepala sekolah dan para siswa," ungkap Pj Gubernur Heru, seperti dikutip dari Siaran Pers PPID Pemprov DKI Jakarta.

Heru mengingatkan, kemudahan dalam mengakses informasi dan berita harus disikapi dengan bijak. Ke depan, tantangan yang dihadapi para siswa akan lebih banyak, di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi yang membuat berita atau informasi hoaks dapat mudah diakses. Karena itu, ia mengajak para siswa untuk memikirkan terlebih dahulu kebenaran, dampak dan manfaat, sebelum menyebarluaskan informasi atau berita tersebut.

Heru turut mengimbau agar para siswa dapat menggunakan waktu luang dengan membaca banyak buku, berorganisasi di sekolah, dan aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Dengan budaya literasi seperti membaca, prestasi akan meningkat. Dengan rajin membaca, ilmu pengetahuan bertambah, sehingga bisa menangkal hoaks.

"Akses untuk menambah ilmu itu sudah mudah, sehari satu jam saja belajar ilmu-ilmu yang di luar dari yang diajarkan oleh guru-guru. Kemudian, saya minta juga siswa-siswi terus menjaga tata krama, menjaga aturan sekolah, hormati guru, tenggang rasa harus ada di tiap hati kita," terang Pj Gubernur Heru.

Pj Gubernur Heru berpesan kepada para guru untuk tetap semangat memberikan ilmu, nasihat dan pandangan yang terbaik kepada para peserta didik. “Selamat belajar dan berprestasi,” pungkasnya.
 sinpo

Komentar: