Bencana Alam

Turki Kembali Dilanda Gempa, Tiga Orang Dilaporkan Tewas

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 21 Februari 2023 | 08:00 WIB
Warga Turki saat belindung di tenda akibat gempa (SinPo.id/ Reuters)
Warga Turki saat belindung di tenda akibat gempa (SinPo.id/ Reuters)

SinPo.id -  Sedikitnya tiga orang dilaporkan tewas dan lebih dari 680 orang terluka setelah gempa dengan magnitudo 6,4 kembali melanda wilayah Turki Selatan dan Suriah. Korban tewas ditemukan di Antakya, Defne, dan Samandagi. Bahkan banyak orang yang terjebak di bawah reruntuhan gedung-gedung di Antakya.

Badan bencana dan darurat Turki, Afad menyatakan gempa terjadi pada pukul 20:04 waktu setempat (17:04 GMT), diikuti oleh puluhan gempa susulan, pada hari Senin 20 Februari 2023.
"Saya pikir bumi akan terbelah di bawah kaki saya," kata seorang penduduk, Muna al-Omar, sambil menggendong putranya dan menangis. Dilansir dari BBC, Selasa 21 Februari 2023.

Menteri Dalam Negeri Turki, Süleyman Soylu, mengimbau masyarakat tak memasuki gedung-gedung yang berpotensi membehayakan.

Seorang jurnalis AFP melaporkan banyaknya kepanikan di Antakya, yang merupakan ibu kota Provinsi Hatay yang telah hancur akibat gempa sebelumnya.

Bahkan sejumlah bangunan yang masih berdiri setelah gempa 6 Februari lalu, kini juga telah runtuh, termasuk sebuah jembatan. Sehingga layanan darurat sulit menjangkau wilayah tersebut.

 sinpo

Komentar: