Antisipasi Kerusuhan, DPR Minta Tiap Klub Sepak Bola Edukasi Suporternya

Laporan: Sinpo
Sabtu, 18 Februari 2023 | 21:21 WIB
Suporter Indonesia/ PSSI
Suporter Indonesia/ PSSI

SinPo.id - Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah meminta proses pengedukasian suporter harus berasal dari masing-masing klub. Dia meminta para pemangku kepentingan terkait agar ikut serta terlibat aktif dalam melakukan edukasi suporter dari klub sepak bolanya sendiri. Termasuk, saat klub bola masing-masing tersebut memberitahukan terkait pembelian tiket dan prosedur saat masuk ke dalam arena stadion.

Hal itu disampaikannya menanggapi kericuan antara suporter klub PSIS melawan Persis Solo yang terjadi di luar area Stadion Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah.

"Kita ini kan paling sedih kalau nonton sepak bola habis (pertandingan) itu kerusuhan penonton nih, yang perlu kita ketahui edukasi ini penting karena ada dua tim yang fanatik dan tidak, mungkin bisa dimulai dari klub itu sendiri," ujar Ledia dikutip dari Parlementaria, Sabtu, 18 Februari 2023.

Seperti diketahui sepakbola Indonesia saat ini sedang dilakukan evaluasi, akibat dari adanya tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Menurut Ledia, berbagai aspek harus dibenahi agar kejadian serupa tak terulang. Karena itu, suporter tentu menjadi salah satu aspek yang masuk dalam transformasi sepak bola Indonesia, di samping juga evaluasi dalam tubuh PSSI selaku federasi sepak bola Tanah Air.

"Nah, ini perlu kita pelajari, seperti negara Italia dalam menata suporter sepak bola, dimulai dari pertama pendaftaran, duduk sesuai dengan klub bola mana yang dia dukung, serta pengamanan yang sangat ketat, suporter juga perlu beri arahan yang jelas," tegasnya.

Politisi PKS ini menegaskan, proses pengedukasian ini perlu mendapat dukungan dari klub sepak bola untuk membina para suporter agar dapat berjalan dengan baik, dan tidak terulang lagi bentrok.

"Berharap sih pembinaan berjalan dengan baik dari segi seleksinya dan kemudian juga dengan berkelanjutan nggak putus dan kemudian mendorong supaya klub-klub sepakbola juga melakukan pembinaan dengan baik terutama anak-anak Indonesia," pungkasnya.sinpo

Komentar: