Sektor Pariwisata Indonesia Harus Segera Dibenahi dan Dimajukan

Laporan: Galuh Ratnatika
Sabtu, 18 Februari 2023 | 13:21 WIB
Salah satu destinasi wisata Indonesia/Tripadvisor
Salah satu destinasi wisata Indonesia/Tripadvisor

SinPo.id -  Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti, mengatakan sektor pariwisata Indonesia harus menjadi urusan pemerintah yang wajib dibenahi dan dimajukan.

Salah satu upaya yang dilakukan agar sektor pariwisata Indonesia tidak tertinggal dengan negara lain, adalah dengan merevisi Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan.

"Hal ini penting dalam RUU kepariwisataan yang tengah Komisi X DPR RI bahas bersama pemerintah, yakni perjuangan untuk menjadikan pariwisata sebagai urusan yang wajib," kata Agustina, dikutip Sabtu 18 Februari 2023.

Menurutnya, sektor pariwisata harus menjadi salah satu prioritas agar memperoleh perhatian lebih besar. Khususnya berkaitan dengan alokasi anggaran untuk pengembangan yang lebih optimal.

Terlebih saat ini, kata Agustina, Bali masih menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. Sehingga masukan dari pemerintah provinsi Bali sangatlah penting untuk terus memajukan pariwisata di Bali.

"Oleh karenanya sangat berkepentingan terhadap revisi UU Kepariwisataan ini. Karena itu kami berharap masukan dari pemerintah Provinsi Bali dan stakeholder terkait di dalamnya," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: