Menhub Budi Karya Prediksi 80 Juta Orang Akan Mudik di Idul Fitri 2023

Laporan: Sinpo
Sabtu, 18 Februari 2023 | 04:48 WIB
Ilustrasi mudik Lebaran/ SinPo.id
Ilustrasi mudik Lebaran/ SinPo.id

SinPo.id -  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi 80 juta orang bakal melaksanakan mudik Hari Raya Idul Fitri 2023. Hal ini karena angka kasus positif Covid-19 di Indonesia menurun.

"Arus mudik dan balik Lebaran tahun ini lonjakan pergerakan orang yang lebih besar dari tahun lalu, yang diprediksi mencapai 80 juta orang. Lonjakan ini diprediksi akan terjadi karena tahun ini kasus Covid menurun, sudah tidak ada PPKM, dan keadaan ekonomi membaik,” kata dia dalam keterangannya pada Jumat 17 Februari 2023.

Untuk mengantisipasi itu, Budi Karya Sumadi sudah melakukan sejumlah langkah untuk menyiapkan penyelenggaraan Angkutan Lebaran (Angleb) 2023 sejak awal tahun.

Hal tersebut bertujuan agar momen mudik libur Idul Fitri yang akan berlangsung mulai April bisa berjalan dengan selamat, aman, nyaman, dan terkendali.  

Adapun sejumlah langkah yang dilakukan. Antara lain, menyiapkan survei potensi pergerakan mobilitas masyarakat selama Angleb 2023 dan melaksanakan inspeksi keselamatan (ramp check) pada sarana transportasi baik darat, laut, udara, dan kereta api. sinpo

Komentar: