DPR Harap Erick Thohir Bisa Mereformasi Sepak Bola Indonesia

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 17 Februari 2023 | 21:45 WIB
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudin/ Parlementaria
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudin/ Parlementaria

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudin berharap kepemimpinan Erick Thohir bisa mereformasi PSSI. Apalagi, Erick memiliki banyak pengalaman dalam dunia olahraga, khususnya sepak bola.

"Harapan saya, dengan kepemimpinan Erick Thohir yang memiliki banyak pengalaman dalam dunia olahraga, PSSI ke depan mampu melakukan reformasi sepak bola nasional secara total," kata Hetifah kepada SinPo.id, Jakarta, Jumat, 17 Februari 2023.

Hetifah menceritakan ihwal lahirnya PSSI pada 1930. Menurut dia, PSSI merupakan alat perjuangan dalam mewujudkan identitas bangsa Indonesia yang masih dalam cengkeraman era kolonialisme.

"Setelah Indonesia merdeka, kemudian PSSI mampu membawa nama harum Indonesia di berbagai kancah sepak bola internasional, seperti di Olympiade 1956, Piala Dunia Yunior 1979, di berbagai ajang Asian Games dan SEA Games. Bersama PSSI, sepakbola nasional juga sangat mewarnai sejarah panjang Bangsa Indenesia hingga kini," ucap dia.

Namun, kata dia, sepak bola nasional saat ini tengah berada dalam kondisi yang tidak ideal. Dia bahkan menilai kepemimpinan Erick ke depan dihadapkan pada berbagai masalah yang harus segera diselesaikan.

Misalnya, korban tragedi Kanjuruhan yang harus mendapat keadilan dan haknya. Kemudian, pembinaan suporter harus terus menerus dilakukan dan manajemen kompetisi harus diperbaiki.

"Standarisasi infrastruktur sepak bola mendesak dilakukan, pembinaan prestasi nasional harus terus berjalan, dan lain-lain, merupakan pekerjaan besar yang menanti pengurus PSSI yang baru," kata dia.

Menurut dia, reformasi sepak bola harus dimulai dari PSSI sendiri. Pengurus PSSI harus bersih dari berbagai kepentingan pribadi dan profesional memajukan dunia sepak bola.

PSSI juga harus mampu mengembalikan citra sepak bola di mata dunia dan mampu meningkatkan prestasi sepak bola nasional. Hetifah menilai seluruh masyarakat Indonesia tengah menanti reformasi sepakbola nasional dilaksanakan.

"Pemerintah pun sangat memberi perhatian pada sepakbola melalui Inpres Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Harapan Bangsa Indonesia sangat besar terhadap prestasi timnas yang mendunia," ucapnya.

Dia berharap PSSI bisa memanfaatkan momentum Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U20 tahun ini. Timnas Indonesia bahkan harus menjuarai kompetisi tersebut.

"Wajib dimanfaatkan untuk perbaikan dan reformasi sepak bola nasional. Harapan kita, bukan hanya sukses menjadi penyelenggara, tetapi juga sukses prestasi tim nasionalnya," tegas dia.sinpo

Komentar: