Puan Paparkan Pentingnya Bantuan Akses Air Bersih di Negara Berkembang

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 15 Februari 2023 | 14:30 WIB
Puan Maharani/Tim Media
Puan Maharani/Tim Media

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, memaparkan pentingnya bantuan pembiayaan dari negara maju untuk negara berkembang terkait dengan layanan sanitasi dan air bersih, yang dianggap sebagai hak asasi manusia mendasar.


“Akses ke air bersih dan sanitasi adalah hak asasi manusia (HAM) yang mendasar. Namun, pembangunan infrastruktur air bersih dan sanitasi membutuhkan investasi yang tidak sedikit,” kata Puan, dikutip Rabu 15 Februari 2023.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur air bersih dan sanitasi yang membutuhkan investasi terjadi di tengah latar belakang kesenjangan pendanaan yang masif.

"Padahal salah satu poin dalam tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals( SDGs) ada pada sektor lingkungan hidup untuk memastikan masyarakat mencapai akses universal air bersih dan sanitasi," paparnya.

Di samping itu, pembiayaan SDGs secara global juga jauh dari harapan, dengan perkiraan kesenjangan tahunan lebih dari USD 4 triliun. Sedangkan di sektor air, investasi publik masih menjadi sumber utama pengeluaran yang mencapai sekitar 86 persen, di mana sektor swasta hanya menyumbang 2 persen dari total pengeluaran.

Oleh karena itu, kata Puan, memobilisasi investasi dan pembiayaan SDGs ke negara berkembang harus diprioritaskan untuk mewujudkan komitmen pembiayaan iklim dari negara maju, untuk mendukung negara berkembang.

“Kami juga terbuka bagi swasta untuk berinvestasi di fasilitas air, dengan tetap menjaga keterjangkauan air bagi konsumen,” ungkapnya.

Pasalnya, anggaran Pemerintah hanya dapat menutupi 30 persen dari total USD 40 miliar yang dibutuhkan untuk membangun infrastruktur air dan sanitasi untuk rakyat Indonesia.sinpo

Komentar: