Dishub DKI Tambah 120 Armada Bus Listrik Transjakarta

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 14 Februari 2023 | 11:45 WIB
Bus listrik milik TransJakarta/TJ
Bus listrik milik TransJakarta/TJ

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI bakal menambah 120 armada bus listrik pada tahun ini untuk integrasi dan mikrotrans.

Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo mengatakan langakah itu dilakukan pemprov agar dapat menambah kualitas layanan angkutan umum di Ibu Kota.

"Tahun ini sudah dianggarkan kebih kurang ada 120 bus listrik tambahan, nantinya dari tahun lalu ada target 100 bus. Sehingga total akhir tahun kami harapkan akan ada operasional sekitar 220 bus listrik, tentu selain integrasi untuk angkot menjadi mikrotrans," kata Syafrin kepada wartawan, Selasa 14 Februari 2023.

Syafrin Liputo memaparkan, pengadaan 120 bus listrik tersebut memiliki tujuan jangka panjang, yaitu mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di Jakarta.

Ia tak menampik jika ada peningkatan kemacetan lalu lintas di Jakarta beberapa waktu terakhir. Menurutnya, kemacetan tak terlepas dari proyek pembangunan infrastruktur jalan hingga transportasi publik.

"Jika kita melihat grafiknya, ada peningkatan, di beberapa titik ada peningkatan. Kita pahami, contohnya di sisi utara, itu di (Jalan) RE Martadinata, tahun ini kita ada pekerjaan pembangunan Harbour Road Toll II," ujar Syafrin.

Selain menambah jumlah bus listrik, Dishub DKI komitmen akan terus menjalankan program integrasi transportasi di tahun 2023 ini. Dengan demikian diharapkan masyarakat bisa berpindah dari kendaraan pribadi menggunakan transportasi umum.

"Tentunya layanan angkutan umum terus kami integrasikan. Termasuk di dalamnya penambahan kualitas layanan angkutan umum," tandasnya.sinpo

Komentar: