Pedagang Kopi Starling Jatuh di Sudirman, Kasatpol PP DKI: Petugas Kedepankan Sisi Humanis

Laporan: Sinpo
Senin, 13 Februari 2023 | 04:54 WIB
(Foto: doc - Beritajakarta.id)
(Foto: doc - Beritajakarta.id)

SinPo.id -  Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin meminta kepada jajarannya mengedepankan sisi humanis edukasi dan komunikasi dalam setiap menjalankan tugas. Pernyataan itu disampaikan menanggapi pedagang kopi keliling panik dan lari saat ada patroli petugas Satpol PP.

"Perlu diketahui bahwa sudah ada aturan yang melarang berjualan di trotoar, sehingga dalam melakukan penertiban ini kami kedepankan sisi humanis dan komunikasi yang efektif dengan warga," kata Arifin seperti dikutip dari siaran pers PPID Pemprov DKI Jakarta, Minggu 12 Februari 2023.

Untuk itu, dia meminta semua petugas, saat bertindak harus mematuhi prosedur SOP yang telah diatur, jika ada pelanggaran prosedur tentu akan ada sanksi yang dapat dikenakan.

Mengedepankan sisi humanis serta unsur pengayoman dan edukasi, maka  
lanjut Arifin, warga tidak akan memiliki unsur rasa keterpaksaan dalam mengikuti aturan yang berlaku. Sehingga penegakan perda/pergub demi ketertiban dan kenyamanan umum dapat diwujudkan karena adanya kerja sama pemerintah dengan warganya.

Sementara itu, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta seluruh jajaran Satpol PP tetap mengedepankan sisi humanis saat melakukan penindakan dalam rangka penegakan perda/pergub. 

"Ini sangat penting agar masyarakat paham bahwa dengan suasana yang tenteram dan tetap mengedepankan unsur pengayoman dan edukasi masyarakat, peraturan bisa kita tegakkan tanpa pretensi yang berlebihan," tuturnya.

Menurut dia, cara yang santun adalah solusi dalam memulai diskusi, tanpa ada unsur kekerasan. 

"Saya juga meminta Kepala Satpol PP untuk selalu mengingat semua petugas untuk mengedepankan sisi humanis dan jika terjadi tindakan kekerasan dan arogansi dalam melaksanakan tugas di lapangan, harus ada tindakan tegas," kata diasinpo

Komentar: