5 RT di Jaktim Banjir Akibat Luapan Kali Ciliwung

Laporan: Sinpo
Minggu, 12 Februari 2023 | 22:40 WIB
Ilustrasi Banjir/SinPo/Rahmat
Ilustrasi Banjir/SinPo/Rahmat

SinPo.id -  Sebanyak 5 RT di Jakarta Timur terendam banjir akibat meluapnya kali Ciliwung pada Minggu 12 Februari 2023 pukul 18.00 WIB.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 3 RT, saat ini menjadi 5 RT atau 0,016 % dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangan tertulisnya.

Dia menjelaskan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda DKI Jakarta dan sekitarnya hari ini menyebabkan kenaikan status siaga Bendung Katulampa menjadi Siaga 3 (Waspada) dan Pos Sunter Hulu Siaga 2 (Siaga) serta genangan di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.

BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat.

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," tambahnya.

Adapun data wilayah Jaktim yang masih tergenang adalah sebagai berikut:

Kelurahan Cililitan
- Jumlah: 1 RT
- Ketinggian: 50 cm
- Penyebab: Luapan Kali Ciliwung

Kelurahan Cawang
- Jumlah: 2 RT
- Ketinggian: 70 cm
- Penyebab: Luapan Kali Ciliwung

Kelurahan Bidara Cina
- Jumlah: 2 RT
- Ketinggian: 40 cm
- Penyebab: Luapan Kali Ciliwung
sinpo

Komentar: