Wapres Ma'ruf: Kejar Para Perusuh yang Membakar Pesawat Susi Air!

Laporan: Sinpo
Minggu, 12 Februari 2023 | 01:35 WIB
Wapres Ma'ruf Amin/ Setwapres
Wapres Ma'ruf Amin/ Setwapres

SinPo.id - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah dengan membakar Pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY rute Timika-Paro-Timika di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. Pasukan gabungan TNI-Polri pun telah melakukan upaya evakuasi korban sejak peristiwa ini terjadi, Selasa, 7 Februari 2023 lalu.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin selaku Ketua Badan Pengarah Papua menegaskan bahwa harus ada penegakan hukum yang menjerat para pembuat kerusuhan.

“Saya minta supaya pembuat rusuh itu dikejar dalam rangka penegakan hukum,” tegas Ma'ruf dikutip website wapresri, Sabtu, 11 Februari 2023.

Ma'ruf menilai kurangnya pengawalan di tempat-tempat strategis juga menjadi salah satu penyebab kejadian tersebut.

“Tempat-tempat yang strategis itu harus ada penjagaan, pengawalan, jangan sampai di tempat itu kemudian tidak ada pengawalan. Pesawat datang kemudian bisa dibakar karena kurang pengawalan,” tuturnya.

Untuk itu, Wapres menekankan bahwa pemerintah akan terus membangun kesejahteraan di Papua dan menyesuaikan dengan keinginan masyarakat Papua dengan dukungan dari para tokoh masyarakat dan tokoh agama.

“Kita terus membangun kesejahteraan di sana, dan kita sesuaikan dengan kemauan orang Papua. Kita berikan perubahan-perubahan, sasaran pembangunan untuk kesejahteraan sesuai masalah yang dihadapi, dan kita sudah dapat semua dukungan dari tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh gereja, dan tokoh agama,” ujarnya.sinpo

Komentar: