Soal Kasus Gagal Ginjal Akut, Kemenkes: Anak Demam Dikompres Dulu

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 10 Februari 2023 | 01:40 WIB
Foto: Galuh Ratnatika)
Foto: Galuh Ratnatika)

SinPo.id -  Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Mohammad Syahril, meminta orangtua tidak cepat memberikan obat pada anak tanpa resep dokter. Pernyataan itu disampaikan terkait munculnya kembali kasus gagal ginjal akut pada anak di DKI Jakarta.

"Kalau anak demam, ditangani dengan yang biasa dulu, cukup dikompres dulu," kata Syahril kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 9 Februari 2023.

Menurut dia, kasus gagal ginjal akut pada anak dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya berasal dari obat sirop yang mengandung etilen glikol dan dietilen glikol.

"Dilaporkan ada dua anak yang mengalami gagal ginjal akut seperti dulu. Kenapa seperti dulu? Karena setelah diselidiki, korban diketahui meminum obat sirop, jadi kaitannya begitu," ungkapnya.

Di samping itu, Syahril juga memaparkan ada banyak penyebab gagal ginjal akut lainnya. Karena GGAPA dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

"Penyebabnya banyak, yang pertama infeksi, kedua kekurangan cairan, ketiga karena pendarahan, dan terakhir adalah keracunan," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: