Penanganan Suap Gubernur Lukas Enembe, Firli Bantah Janjikan Sesuatu

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 09 Februari 2023 | 16:54 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri saat rapat kerja dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 9 Februari 2023.(Ashar/SinPo.id)
Ketua KPK Firli Bahuri saat rapat kerja dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 9 Februari 2023.(Ashar/SinPo.id)

SinPo.id -  Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membantah pernah menjanjikan sesuatu kepada Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe, terkait penanganan kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pekerjaan atau proyek yang bersumber dari APBD Provinsi Papua.

"Saya sudah sampaikan tidak pernah ada janji satu kata pun," kata Firli usai menggelar rapat kerja dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 9 Februari 2023.

Dia menegaskan Komisi Antirasuah murni menegakkan hukum terhadap orang nomor satu di Bumi Cenderawasih tersebut. Firli memastikan tak pernah main mata dengan Lukas.

"Kita hanya melakukan penegakan hukum tetap menghormati HAM," kata Firli menegaskan.

Ia memastikan bakal menjamin keselamatan Lukas. Terpenting, menjaga situasi di Papua agar tetap kondusif.

Sebelumnya, Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe mengungkap janji Ketua KPK Firli Bahuri. Lukas mengaku dijanjikan mendapat izin berobat ke Singapura jika berkenan dibawa ke Jakarta.

Sedangkan KPK menangkap paksa Lukas Enembe saat makan siang di daerah Kotaraja, Jayapura.

 sinpo

Komentar: