BNI Sirkuit Nasional 2023 Digelar di 12 Kota, Cari Bibit Potensial Pebulutangkis

Laporan: Sinpo
Rabu, 08 Februari 2023 | 00:00 WIB
BNI Sirkuit Nasional (PBSI)
BNI Sirkuit Nasional (PBSI)

SinPo.id -  Ajang bulutangkis bertajuk BNI Sirkuit Nasional 2023 akan kembali bergulir di Tanah Air. BNI Sirkuit Nasional 2023 sendiri akan kick off pada 6-11 Februari di Bandung, Jawa Barat. Sirkuit Nasional (Sirnas) bakal menyambangi 12 kota untuk mencari bibit-bibit pebulutangkis muda potensial.

BNI yang berkomitmen penuh untuk mendukung PBSI menjalankan program pengembangan prestasi, khususnya untuk para atlet bulutangkis usia muda sebagai generasi penerus, kembali menjadi sponsor utama dalam ajang berskala nasional ini.

Total ada 13 seri BNI Sirnas 2023 yang secara bergantian digelar di Bandung (Jawa Barat), Batam (Kepulauan Riau), Purwokerto (Jawa Tengah), Denpasar (Bali), Surabaya (Jawa Timur), Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Makassar (Sulawesi Selatan), Tangerang (Banten), Pangkalpinang (Kepulauan Bangka Belitung), DKI Jakarta (DKI Jakarta), Palembang (Sumatera Selatan), dan Pekanbaru (Riau).

“Di tahun ini total ada 13 seri BNI Sirkuit Nasional yang bakal digelar terdiri dari lima Sirnas A, enam Sirnas B, satu Sirnas C, dan ditutup dengan satu Sirnas Premier di DKI Jakarta. Selain itu, DKI Jakarta juga dipercaya untuk menggelar Sirnas A,” ucap Mimi Irawan, Kepala Bidang Turnamen dan Perwasitan PP PBSI.

“Jumlah seri tahun ini memang bertambah dibanding tahun 2022. Tahun lalu kami hanya menggelar delapan seri BNI Sirnas, tahun ini bertambah lima seri. Itulah mengapa bulan Februari sudah start,” tambah Mimi.

Mimi menambahkan, selain penunjukkan kota-kota baru, beberapa kota yang tahun lalu menjadi tuan rumah ada yang digantikan sebagai bentuk pemberian kesempatan kota-kota lain yang juga sudah siap. Baik secara akomodasi maupun fasilitas di arena.

“Tahun ini, Medan, Palangkaraya, dan Kendari tidak lagi menjadi tuan rumah. Kami memberikan kesempatan kepada kota-kota lain yang sudah siap untuk menggantikannya,” tutur Mimi.

“Penunjukan kota pelaksana, pastinya atas dasar survei PP PBSI. Kota-kota tersebut harus memiliki akomodasi dan fasilitas GOR yang layak,” jelas Mimi.

BNI Sirnas 2023 memiliki misi untuk terus menjalankan roda regenerasi atlet bulutangkis Indonesia. Target yang disasar sudah barang tentu adalah atlet potensial yang menunjukkan prestasi, yang kelak bisa bergabung ke pelatnas.

“BNI Sirnas di antaranya merupakan ajang mencari atlet untuk regenerasi masa depan. Targetnya adalah melahirkan atlet-atlet potensial yang menunjukkan prestasi, yang kelak bisa menjadi atlet nasional,” kata Mimi.

“Dalam jangka yang lebih panjang, saya berharap BNI Sirnas dapat membawa pembinaan di klub-klub secara terus berkesinambungan. Lalu, dapat mengasah kemampuan atlet-atletnya di ajang ini,” pungkasnya.

Kalender BNI Sirkuit Nasional 2023

1. Sirnas A di Bandung, 6-11 Februari
2. Sirnas B di Batam, 20-25 Februari
3. Sirnas A di Purwokerto, 6-11 Maret
4. Sirnas B di Denpasar, 8-13 Mei
5. Sirnas A di Surabaya, 22-27 Mei
6. Sirnas B di Banjarmasin, 26 Juni-1 Juli
7. Sirnas B di Makassar, 24-29 Juli
8. Sirnas A di Banten, 7-12 Agustus
9. Sirnas B di Pangkalpinang, 9-14 Oktober
10. Sirnas A di DKI Jakarta, 6-11 November
11. Sirnas C di Palembang, 20-27 November
12. Sirnas B di Pekanbaru, 4-9 Desember
13. Sirnas Premier di DKI Jakarta, 11-16 Desembersinpo

Komentar: