Puan Imbau Masyarakat Indonesia Berpartisipasi Bantu Korban Gempa Turki-Suriah

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 07 Februari 2023 | 20:57 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani/ Dok. Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani/ Dok. Puan Maharani

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, memgimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi membantu korban gempa Turki dan Suriah sesuai dengan kapasitas masing-masing.

“Mari kita bersolidaritas untuk membantu korban gempa dahsyat di Turki dan Suriah. Dengan semakin banyaknya uluran tangan yang datang, kita berharap kondisi di Turki dan Suriah bisa cepat kembali, normal seperti sedia kala,” kata Puan, Selasa 7 Februari 2023.

Di samping itu, ia juga meminta pemerintah Indonesia untuk mengirimkan bantuan agar dapat meringankan beban para korban gempa di Turki dan Suriah, yang telah mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia.

Puan juga meminta pemerintah melalui KBRI Ankara untuk terus memantau dan meng-update kondisi WNI di Turki. Apalagi ada tiga orang WNI yang terluka akibat gempa. Namun belum diketahui apakah terdapat WNI yang menjadi korban tewas.

“Mengingat cukup banyak warga kita yang tinggal di Turki, Pemerintah harus terus memantau informasi mengenai korban jiwa akibat gempa. Kita juga harus pastikan WNI yang terluka mendapat penanganan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Pasalnya, tercatat ada sekitar 6.500 WNI yang tinggal di Turki, 500 orang di antaranya tinggal di area gempa dan sekitanya.

"KBRI Ankara sendiri telah menyiapkan tempat penampungan sementara untuk para korban dan telah berkoordinasi dengan otoritas lokal di Turki beserta Satgas Perlindungan WNI dan PPI di sekitar lokasi untuk menangani WNI yang terdampak," kata Puan menambahkan.

 sinpo

Komentar: