Festival Cap Go Meh Digelar di Kota Singkawang, Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

Laporan: Sinpo
Minggu, 05 Februari 2023 | 14:55 WIB
Festival Cap Gomeh (https://travelpixelz.com/)
Festival Cap Gomeh (https://travelpixelz.com/)

SinPo.id -  Festival Cap Go Meh digelar di Kota Singkawang, Kalimantan Barat  pada Minggu 5 Februari 2023. Festival ini sudah masuk dalam warisan budaya tak benda oleh Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO). 

Moeldoko menceritakan pengalaman saat menjadi Pangdam XII/Tanjungpura di Kalbar. Ketika itu terjadi keributan soal patung naga di Singkawang.

"Saya bilang, hai kalian, sebelum kalian lahir, Singkawang sudah seperti ini. Kalian jangan macam-macam," kata Kepala Staf Presiden Moeldoko  saat memberikan sambutan pembukaan Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Minggu 5 Februari 2023. 

Dia merasa bahagia karena bisa merayakan Cap Go Meh di Kota Singkawang. Untuk itu, dia mengajak semua tamu yang hadir dalam acara itu untuk meneriakkan slogan "Singkawang semoga hebat".

"Saya sangat tertarik dengan simbol-simbol yang dibangun di Kota Singkawang," kata dia.

Dia mengajak semua elemen masyarakat di Singkawang untuk 
mengembangkan kota ini menjadi lebih baik ke depan, seperti negara lainnya yang sukses mengembangkan pariwisata.

Untuk diketahui, Festival Cap Go Mehpada diisi atraksi permainan sembilan naga dari grup Santo Yosef Kota Singkawang, kemudian arak-arakan 13 jailangkung (keranjang sayur yang berisi roh), ratusan tatung atau dukun yang kerasukan roh leluhur, atraksi gendang dan pikulan altar yang dibawa sejumlah orang.

Ribuan warga Kota Singkawang menyaksikan acara tersebut, berbaur dengan tamu dan undangan yang berada kursi di bawah tenda berhiaskan kain warna merah dan putih.

Arak-arakan tatung, jalangkung, altar, replika naga, dan barongsai dibawa dan dikawal ratusan orang. Mereka melintasi podium utamauntuk memberi hormat kepada tamu dan undangan.

Festival Cap Go Mehsinpo

Komentar: