Legislator Papua: KKB Jangan Berulah Lagi, Waktu Berperang Selesai!

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 02 Februari 2023 | 18:20 WIB
Yan Permenas Mandenas/Parlementaria
Yan Permenas Mandenas/Parlementaria

SinPo.id -  Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas meminta Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua berhenti membuat ulah. Kelompok teror itu diimbau segera menyerahkan diri dan kembali ke NKRI.

"Saya berharap dan saya mengimbau KKB itu menyerahkan diri dan menyerahkan senjata, jangan terus membuat ulah di Papua karena waktu berperang sudah selesai," kata Mandenas usai menggelar rapat dengan Panglima TNI terkait situasi dan kondisi keamanan di Papua di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 2 Februari 2023.

Politikus Gerindra ini mengajak anggota KKB Papua bersama-sama membangun Indonesia. Khususnya, memajukan ekonomi di Bumi Cenderawasih.

"Sekarang kita berpikir bagaimana membangun ekonomi, di semua pelosok dunia ini kita berpikir membangun ekonomi," kata dia

Legislator daerah pemilihan (dapil) Papua ini mengingatkan jika perbuatan brutal KKB menyengserakan warga Papua. Dia yakin agenda yang dibawa KKB bukan untuk kepentingan warga banyak.

"Saya pikir (warga Papua) tidak nyaman, teganggu. Karena mereka ini kelompok teror, banyak kepentingan yang kita enggak tahu kepentingan murninya apa," kata dia.

Di sisi lain, Mandenas menilai kerja pasukan TNI-Polri dalam menangani gerakan KKB berjalan baik. Dia bahkan mendorong agar pemerintah mendukung operasi satuan TNI-Polri dengan perlengkapan yang mumpuni agar operasi di lapangan bisa memberikan hasil signifikan 

"Saya pikir pasukan sudah maksimal, tinggal kita dukung dengan perlengkapan saja agar mereka bisa melakukan operasi sehingga tugas mereka di lapangan bisa memberikan hasil signifikan," tegas dia.sinpo

Komentar: