Covid-19 Varian Kraken Masuk Indonesia, 2 Kasus Terdeteksi

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 02 Februari 2023 | 11:53 WIB
Ilustrasi/iStock
Ilustrasi/iStock

SinPo.id -  COVID-19 varian Kraken atau Omicron XBB.1.5 terdeteksi telah masuk ke Indonesia. Total ada dua kasus yang sejauh ini telah ditangani tim medis.

Subvarian Kraken ini disebut-sebut sebagai varian Covid-19 yang super menular.

Adapun kedua kasus Covid-19 Kraken terdeteksi di wilayah, yakni Kalimantan Timur dan Tangerang Selatan.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan kasus kedua varian Kraken pada wanita berusia 47 tahun.

Ia dinyatakan positif COVID-19 sepulang dari umrah. Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) ini sebelumnya menjalani isolasi dan kini dinyatakan sembuh dari COVID-19.

"Iya betul ada kasus baru varian Kraken, terdeteksi di 31 Januari, positif COVID-19 XBB.1.5," tutur Maxi saat dikonfirmasi, Rabu, 1 Februari 2023.

Sebelumnya, Kraken pertama kali terdeteksi pada warga negara Polandia yang melakukan perjalanan ke Balikpapan, Kalimantan Timur.

WNA tersebut sempat bermalam di DKI Jakarta, dan merasakan gejala berupa batuk ringan. Meskipun demikian, kondisinya sudah membaik dan dinyatakan negatif setelah menjalani isolasi mandiri selama delapan hari.

"Pasien ini gejalanya batuk ringan sudah dilakukan kontak tracing, dan semua kontak negatif," kata Kepala Biro Komunikasi Kemenkes RI, Siti Nadia Tarmizi, Kamis, 2 Februari 2023.

Adapun gejala yang dikeluhkan terbilang ringan, yakni berupa batuk dan ada sedikit demam. Sejauh ini, dua kasus Kraken yang ditemui tidak membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut COVID-19 varian Kraken memiliki karakteristik penularan yang cepat.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap menjalani protokol kesehatan memakai masker dan segera melanjutkan vaksinasi COVID-19 booster jika sudah menerima booster pertama lebih dari enam bulan.sinpo

Komentar: