Tenggelam di Perairan Muara Baru, Tim SAR Gabungan Temukan ABK Dalam Jarak 10 Meter

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 02 Februari 2023 | 00:24 WIB
Tim SAR gabungan Evakuasi ABK kapal nelayan tenggelam di Muara Baru /dok. Bpbd DKI
Tim SAR gabungan Evakuasi ABK kapal nelayan tenggelam di Muara Baru /dok. Bpbd DKI

SinPo.id -  Tim SAR gabungan menemukan anak buah kapal (ABK) kapal nelayan yang tenggelam di Perairan Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara sejak Selasa sore, 31 Januari 2023.

Kepala Kantor SAR Jakarta selaku SMC (SAR Mission Coordinator) dalam operasi SAR, Fazzli mengatakan, pihaknya menemukan ABK atas nama Iman (29) dalam kondisi sudah tak bernyawa. Korban ditemukan pada radius 10 meter dari lokasi kejadian.

"Petang ini korban kita temukan berkat sinergi dari unsur SAR gabungan dan langsung kita evakuasi menuju RSCM," kata Fazzli dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu 1 Februari 2023.

Fazzli menjelaskan, upaya pencarian terhadap korban dilakukan sejak Rabu pagi tadi dengan membagi menjadi tiga area pencarian.

Dimana tim pertama melakukan pencarian menggunakan Rubber Boat dengan luas area pencarian di sekitar lokasi kejadian. Kemudian tim kedua akan melakukan pencarian visual jalur darat dengan jarak 1 KM dari lokasi kejadian.

"Selanjutnya tim ketiga melakukan penyelaman radius 10 M disekitar lokasi kejadian," ungkapnya.

Fazzali menambahkan, upaya pencarian terhadap korban melibatkan personil unsur SAR gabungan yang terdiri dari Kantor SAR Jakarta, Polsek Muara Baru, Satpol Air Polda Metro Jaya, Koramil Penjaringan, BPBD DKI Jakarta, CAT rescue, dan nelayan.

 sinpo

Komentar: