Sambangi Sekber Gerindra-PKB, Pengamat: NasDem Sedang Cari Aman

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 28 Januari 2023 | 15:23 WIB
Perwakilan NasDem saat kunjungi Sekber Gerindra-PKB/SinPo.id
Perwakilan NasDem saat kunjungi Sekber Gerindra-PKB/SinPo.id

SinPo.id -  Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menanggapi kunjungan yang dilakukan Partai NasDem ke kantor Sekber Gerindra-PKB.

Menurut Bawono, yang dilakukan NasDem hanya langkah untuk cari aman saja, lantaran belum ada kesepakatan dengan PKS dan Partai Demokrat soal pendamping capres NasDem Anies Baswedan.

"Kunjungan dari Partai NasDem untuk mendatangi sekretariat bersama Partai Gerindra-PKB merupakan bagian dari langkah antisipatif dari NasDem apabila koalisi perubahan gagal dibentuk karena belum juga bersepakat dengan Partai Demokrat dan PKS mengenai siapa figur paling tepat bagi pendamping Anies," kata Bawono kepada SinPo.id, Sabtu, 28 Januari 2023.

Bawono menduga koalisi besutan NasDem, PKS, dan Partai Demokrat yang mengusung nama sebagai Koalisi Perubahan sedang tidak baik-baik saja lantaran masalah cawapres.

"Memang persoalan penentuan siapa calon wakil presiden pendamping Anies sangat berpotensi dapat bisa menjadi ganjalan komunikasi dari ketiga partai politik tersebut untuk mewujudkan koalisi," kata Bawono.

"Karena ada keinginan dari masing-masing partai politik untuk mengajukan dari kader mereka sebagai pendamping bagi Anies Baswedan termasuk keinginan Partai Demokrat mengedepankan AHY dan PKS mengedepankan Aher," jelas dia.

Kondisi internal Koalisi Perubahan yang belum dapat titik temu disinyalir membuat ketiga partai di dalamnya mencoba cari kapal lain.

"Berbeda sekai dengan kondisi koalisi Partai Gerindra dan PKB lebih solid," kata Bawono.

Sebelumny, Partai NasDem menyambangi Sekber Partai Gerindra-PKB pada Kamis, 26 Januari 2023. Rombongan NasDem dipimpin Wakil Ketua Umum (Waketum) Ahmad Ali.

Tak banyak berkomentar saat tiba, Ali hanya menjawab singkat soal pertemuan hari ini.

"Kita mau ngopi-ngopi enak," kata Ali di Sekber Gerindra-PKB, Menteng, Jakarta, Kamis, 26 Januari 2023.

Ketika berada di depan pintu masuk Sekber, Waketum Ahmad Ali dan Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad salam komando sebelum memasuki ruangan untuk menggelar pertemuan tertutup.sinpo

Komentar: