7 Orang Tewas Dalam Serangan Di Sebuah Sinagoge Yerusalem Timur

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:44 WIB
Para petugas medis melakukan pertolongan terhadap korban serangan di Sinagoge Yerusalem Timur/AFP
Para petugas medis melakukan pertolongan terhadap korban serangan di Sinagoge Yerusalem Timur/AFP

SinPo.id -  Sebanyak tujuh orang tewas dilaporkan dalam serangan bersenjata di sebuah sinagoge di salah satu permukiman Yahudi di Yerusalem Timur pada Jumat malam, 27 Januari 2023.

Berdasarkan infotmasi dari otoritas setempat yang dilansir dari kantor berita Anadolu, pejabat layanan medis darurat nasional Israel, Magen David Adom menjelaskan bahwa lima orang tewas di lokasi serangan, yaitu di permukiman Yahudi Neve Ya'akov.

David juga mengatakan bahwa tiga orang lainnya yang terluka dibawa ke rumah sakit terdekat Hadassah Mount Scopus, dalam proses perawatan 2 orang diantaranya dinyatakan meninggal dunia.

Kepolisian Israel lantas mengeluarkan pernyataan tertulis yang menyebutkan serang terjadi saat seorang pria bersenjata datang dengan sebuah mobil. Kemudian pria tersebut melepaskan tembakan ke sinagoge sehingga menimbulkan kekacauan.

Selama baku tembak, polisi menembak mati pria tersebut saat ia berupaya kabur dari lokasi kejadian.

Menteri keamanan nasional Israel Itamar Ben Gvir pun mendatangi lokasi serangan dan melakukan inspeksi bersama kepala kepolisian Kobi Shabtai.

Diketahui, Israel membangun permukiman Neve Ya'akov sejak 1967 di wilayah pendudukan Yerusalem Timur.

Sebelumnya pada Kamis, 26 Januari 2023 militer Israel melakukan serangan besar-besaran ke kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat utara yang diduduki.

Akibatnya, sembilan orang tewas dan puluhan orang lainnya terluka serta banyak bangunan dan properti mengalami kerusakan yang luar biasa.sinpo

Komentar: