Kenaikan Tarif Haji Disebabkan Harga Avtur Naik

Laporan: Sinpo
Sabtu, 28 Januari 2023 | 02:56 WIB
Pengisian bahan bakar avtur. Foto: Istimewa
Pengisian bahan bakar avtur. Foto: Istimewa

SinPo.id -  Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan pergerakan harga minyak dunia mempengaruhi harga avtur yang dibutuhkan untuk penerbangan.  Pertamina tak berani memprediksi harga dan juga situasi global melihat pergerakan harga minyak dunia di tengah ketidakpastian global saat ini 

"Soal pricing, kami sudah menggunakan market price dan sudah ada deal dengan Saudi Airline dan Garuda Indonesia. Kalau kita pakai prediksi Q2, kalau pakai prediksi dunia, memang akan sedikit turun, tapi kami gak bisa guarantee price ini terutama kalau ada ketegangan rusia ukraina. Tapi kami siap support haji flight 2023," tuturnya dalam RDP di Komisi VIII DPR RI, Kamis 26 Januari 2023. 

Kata Alfian, pada kuartal dua tahun ini dimana momen keberangkatan haji diprediksi harga minyak dunia akan turun tipis. Sedangkan untuk kebutuhan keberangkatan haji tahun ini, Pertamina mengatakan sudah mempunyai kesepakatan harga dengan PT Garuda Indonesia Tbk dan Saudi Airline untuk harga jual avtur ini.

Alfian menjelaskan Pertamina mensiagakan 13 depot pengisian Pesawat Udara untuk keberangkatan haji tahun ini yang berasal dari sembilan embarkasi haji. Pada tahun ini, dengan prediksi 220 ribu jamaah yang akan berangkat maka dibutuhkan 78 ribu kiloliter avtur.

"Kami mempersiapkan tiga hal prioritas. Pertama, kepastian stok dan kelancaran supply baik di Saudi maupun Indonesia. Lalu kami akan memberikan prioritas pengisian avtur untuk keberangkatan haji ini," ujar Alfian.

 sinpo

Komentar: