Beri Cenderamata, Prabowo Ungkapkan Doa untuk Gusti Bhre

Laporan: Sinpo
Rabu, 25 Januari 2023 | 20:14 WIB
Menhan Prabowo Subianto saat bertemu Gusti Bhre di Mangkunegaran, Solo/ Tim Media Prabowo
Menhan Prabowo Subianto saat bertemu Gusti Bhre di Mangkunegaran, Solo/ Tim Media Prabowo

SinPo.id - Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto mengunjungi Pura Mangkunegaran Solo, Rabu, 25 Januari 2023. Ini adalah kunjungan Prabowo yang kedua kalinya setelah hari pertama didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. 

Prabowo yang tiba pagi hari langsung disambut keluarga Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X di Pendopo Ageng. Prabowo pun diajak berkeliling Istana langsung didampingi KGPAA Mangkunegara X yang bernama asli Gusti Pangeran Harya (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo ini.

Dari Pendopo Ageng, Prabowo kemudian memasuki Paringgitan. Ini merupakan area pemisah antara Pendopo Ageng dan Dalem Ageng. 

Di sini Prabowo berhenti sejenak melihat secara seksama lukisan para penguasa Mangkunegaran dari Mangkunegara VII, VIII, dan IX dan Istrinya. Prabowo juga sempat melihat tanda penghargaan Bintang Mahaputera Adipurna dari Presiden Republik Indonesia Soeharto kepada Pangeran Sambernyowo (KGPAA Mangkunegara I).

Selanjutnya Prabowo memasuki ruang Dalem Ageng dan terus melewati sebuah taman yang banyak ditumbuhi bunga anggrek.

Sampai di ruang keluarga tempat dipajangnya foto-foto, Prabowo pun berhenti lama, mengamati dan sekali-kali bertanya. KGPAA Mangkunegara X pun sigap menjawab seperti seorang pemandu wisata yang menjelaskan sejarah Istana.

Prabowo pun mengakhiri tour Istana Mangkunegaran dengan makan pagi bersama dan saling bertukar cenderamata. Prabowo memberikan KGPAA Mangkunegara X buku catatannya tentang Kepemimpinan Militer. Di halaman pertamanya sebuah doa terselip dari Prabowo untuk KGPAA Mangkunegara X.

"Kepada yang terhormat Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkoenagoro X, Semoga berkenan menerima buku ini dan semoga selalu dalam lindungan Tuhan Y.M.E dalam pengabdian kepada negara dan bangsa," bunyi doa Prabowo dalam buku tersebut.sinpo

Komentar: