Pekan Depan Shayne Pattynama Sumpah Jadi WNI, Iwan Bule: Alhamdulillah

Laporan: Sinpo
Sabtu, 21 Januari 2023 | 07:30 WIB
Shayne Pattynama (PSSI.org)
Shayne Pattynama (PSSI.org)

SinPo.id -  Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan calon pemain naturalisasi, Shayne Pattynama akan menjalani pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Selasa 24 Januari 2023 mendatang.

"Alhamdulilah proses naturalisasi Shayne Pattynama telah mencapai langkah terakhir. Insya Allah dia akan mengucapkan sumpah menjadi WNI pada Selasa, 24 Januari 2023 mendatang," kata Iriawan seperti dilansir laman PSSI.org.

"Kedatangan Shayne dijadwalkan agar timingnya pas antara waktu kehadiran dengan jadwal yang diberlakukan oleh Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta sekaligus pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP),".

Iwan Bule, sapaan akrapnya mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo yang telah menandatangani Keppres naturalisasi pemain asal Viking FK, Norwegia tersebut. 

Permohonan naturalisasi Shayne Pattynama sebelumnya sudah melalui persetujuan dalam Rapat Paripurna DPR RI di Jakarta pada 17 November 2022. Kemudian pada awal Januari 2023 Presiden Jokowi sudah menandatangani Keppres permohonan naturalisasi Shayne Pattynama.

"Terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak Presiden Jokowi yang pada telah menandatangani Keppres naturalisasi Shayne. Juga kepada empat kementerian, yakni Kemenpora, Kemenkumham, Kemensetneg, dan Kemendagri juga pihak terkait lainnya yang telah mengawal perjuangan Shayne untuk mewujudkan cita-citanya membela Timnas Indonesia. Semoga proses pengucapan sumpah nanti bisa berjalan lancar. Tentu saja saya dan masyarakat sepakbola Indonesia berharap bisa menyaksikan Shayne berseragam merah-putih dan berjuang bersama pemain lainnya untuk membawa Indonesia berprestasi di kancah internasional. Amin," tukasnya. 

Sebelum Shayne, PSSI telah merampungkan naturalisasi dua pemain keturunan Eropa, yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh. Keduanya menjalani sumpah WNI pada 17 November 2022.

Bahkan, Jordi Amat sudah menjalani debut bersama timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Dia bermain dalam laga perdana Grup A melawan Kamboja, 23 Desember silam.

Dengan demikian, Shayne Pattynama, Jordi Amat dan Shandy Walsh diproyeksikan bisa memperkuat Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 mendatang.sinpo

Komentar: