UMKM Berorientasi Ekspor Diharap Jadi Tulang Punggung Ekonomi

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 20 Januari 2023 | 14:41 WIB
Dofie OFP/Parlementaria
Dofie OFP/Parlementaria

SinPo.id -  Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Dolfie OFP, mendukung pelaku UMKM berorientasi ekspor untuk menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia, sebagai bentuk pemulihan ekonomi nasional.

"Kita bisa melihat sekarang ini pemulihan ekonomi sedang berjalan sehingga ekspor kita pun sangat tergantung pada pemulihan ekonomi global, dan ini dapat memperluas hubungan bagi UMKM yang berorientasi ekspor," kata Dolfie, dikutip Jumat 20 Januari 2023.

Ia menjelaskan, peran LPEI untuk mendukung pelaku UMKM juga sangat penting, khususnya untuk memberikan pembinaan agar menghasilkan produk-produk yang bernilai jual tinggi dan berorientasi ekspor.

"Upaya dimaksud pada gilirannya diharapkan dapat mendukung percepatan peningkatan ekspor nasional, membantu peningkatan kemampuan produksi nasional yang berdaya saing tinggi serta memiliki keunggulan untuk ekspor," ungkapnya.

Selain itu, kata Dolfie, UMKM berorientasi ekspor juga bisa menjadi kunci dalam menjawab tantangan ekonomi masa depan, terutama untuk membawa negara keluar dari situasi sulit menuju Indonesia maju.

"Resesi ekonomi jelas bukan sesuatu yang diharapkan dalam perekonomian, dengan ini harapan kita dunia usaha bisa bergerak dan LPEI bisa berperan dalam mendukung UMKM yang berorientasi ekspor," katanya menambahkan.
sinpo

Komentar: