PPATK Pantau Sumber Aliran Dana untuk Pemilu 2024

Laporan: Sinpo
Jumat, 20 Januari 2023 | 00:53 WIB
PPATK
PPATK

SinPo.id -  Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengatakan PPATK mengantisipasi dana pemilu yang berasal dari sumber tidak jelas. PPATK melakukan koordinasi dengan berbagai stake holder untuk mencegah pendanaan ilegal ini.

"Dalam beberapa kasus lama memang kita melihat ada sumber-sumber yang berasal dari aktivitas pembalakan liar, ilegal mining, ilegal logging, ilegal fishing, yang lari ke banyak kepentingan. Termasuk juga untuk pendanaan terkait politik. Kita melihat ada kencenderungan yang sama. Itu lah yang harus kita koordinasikan, bagaimana mencegah agar aktivitas pemilu tidak dibiayai dari sumber-sumber ilegal. Itu yang kita antisipasi," ujarnya seusai menghadiri rapat koordinasi (Rakor) di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis 19 Januari 2023.

Dia mengungkapkan sejumlah 
transaksi untuk pembiayaan politik bahkan diduga bersumber dari pihak-pihak terdakwa atas skema tindak pidana tambang ilegal, ataupun penjarahan kayu ilegal.
Tak ingin kecolongan seperti periode sebelumnya, PPATK menyatakan akan berkomitmen memantau seluruh aliran dana di masa kampanye. 

"Semua kita pantau, dan akan dilihat, karena itu jadi tanggung jawab kita semua. Artinya kita ingin mencoba integritas sistem pemilu ini terjamin, khususnya jangan sampai pembiayaan itu mempengaruhi pemilu. Jadi pemilu ini adu visi dan misi, bukan adu capital, bukan adu uang," tambahnya.sinpo

Komentar: