Anggota Komisi VIII DPR Minta Lansia Jadi Prioritas Pemberangkatan Haji

Laporan: Sinpo
Jumat, 20 Januari 2023 | 03:16 WIB
Haji/Kemenag
Haji/Kemenag

SinPo.id -  Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis meminta pemerintah memprioristakan keberangkatan ibadah haji bagi warga negara Indonesia yang berumur di atas 65 tahun atau Lanjut Usia (Lansia). Hal itu disampaikannya, sebab ia menilai daftar tunggu keberangkatan haji saat ini sangat panjang.

Politisi Fraksi Partai Golongan Karya ini mengatakan ibadah haji menjadi impian bagi setiap umat muslim di seluruh dunia. Pasalnya, ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang diwajibkan bagi yang mampu. Sayangnya, untuk berangkat haji diperlukan penantian yang panjang.

“Daftar tunggu sangat lama sekali. Kasian masyarakat yang berumur di atas 65 tahun, bisa jadi sebelum waktu keberangkatannya tiba mereka tidak dapat merasakannya karena umurnya sudah terlalu tua,” imbuhnya saat Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Agama di Ruang Rapat Komisi VIII, Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 19 Januari 2023. 

Menurutnya, antusiasme masyarakat muslim untuk berangkat ibadah haji sangat besar. “Sehingga, (prioritas haji bagi lansia) ini yang harus kita perhatikan juga, Pak. Jangan sampai mereka yang sudah tua ini terlalu lama karena nanti keburu tidak ada umur,” tambahnya.

John menyampaikan, sesuai prosedur, jemaah haji Indonesia masuk ke dalam daftar tunggu terlebih dahulu. Calon jrmaah haji akan mendapatkan nomor porsi dan menunggu keberangkatan untuk menunaikan ibadah haji sesuai dengan tahun yang telah ditetapkan. sinpo

Komentar: