Periksa Istri Lukas Enembe, KPK Telisik Aliran Dana ke OPM

Laporan: Sinpo
Kamis, 19 Januari 2023 | 05:59 WIB
Gubernur Papua Lukas Enembe/ Setkab
Gubernur Papua Lukas Enembe/ Setkab

SinPo.id -  Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan KPK berencana memeriksa istri Gubernur Papua Lukas Enembe (LE), Yulce Wenda dalam kapasitasn sebagai saksi. Menurut dia, upaya meminta keterangan Yulce itu berkenaan dugaan keterkaitan sampai aliran dana untuk Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Pemeriksaan terhadap istri LE tentu akan didalami di proses penyidikan, berdasarkan alat bukti. Berdasarkan saksi lain, apakah ada keterkaitan yang bersangkutan dengan kelompok yang selama ini berseberangan dengan pemerintah. Pasti akan didalami," 
ujarnya pada Rabu 18 Januari 2023. 

KPK melalui Ditjen Imigrasi Kemenkumham juga telah mencegah Yulce Wenda untuk bepergian ke luar negeri selama enam bulan ke depan.

Dugaan aliran uang untuk OPM muncul setelah Ketua Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat, Benny Wenda memberikan dukungan terhadap Lukas Enembe. Benny Wenda disebut memiliki kaitan erat dengan OPM. Melalui akun media sosialnya, Benny meminta pemerintah Indonesia melepas Lukas Enembe.

"Indonesia harus segera melepaskan Gubernur Lukas Enembe yang ditangkap atas tuduhan korupsi palsu," tutur Benny Wenda melalui akun Twitter-nya.
 sinpo

Komentar: