Bentrok TKA dan Tenaga Kerja Lokal di PT GNI, Menaker Ida Fauziah Sebut Berawal dari Tuntutan Pekerja

Laporan: Sinpo
Senin, 16 Januari 2023 | 22:44 WIB
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah (Ashar/SinPo.id)
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id -  Menteri Ketenagekerjaan Ida Fauziyah mengatakan insiden di PT GNI di Morowali Utara, Sulawesi Tengah terjadi karena  masalah ketenagakerjaan yang dituntut oleh perwakilan Serikat Pekerja Nasional. Dia mengungkapkan, tuntutan antara lain soal K3, pengupahan dan pemutusan hubungan kerja (PHK). Tudingan kerusuhan ini dipicu keberadaan tenaga kerja asing tidaklah benar.

"Sebagian tuntutan pekerja telah diterima dan akan dipenuhi perusahaan. Namun kami tetap melakukan penelusuran, mediasi, dan pemeriksaan bersama Disnaker setempat," ujar Ida dalam siaran pers, Senin 16 Januari 2023. 

Pasca kejadian itu, Kemnaker telah berkoordinasi secara intensif dengan Disnaker Kabupaten Morowali Utara dan Disnaker Provinsi Sulawesi Tengah untuk mengetahui penyebab kericuhan ini. Dia meminta kedua pihak yakni perwakilan Serikat Pekerja Nasional (SPN) dan PT GNI segera melakukan mediasi untuk menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan.

Kemnaker akan menurunkan tim investigasi dari unsur pengawas ketenagakerjaan, mediator dan pengantar kerja ke lokasi PT GNI. Dia menyebut tim Kemnaker akan terus melakukan pendampingan kepada Tim Pengawas Ketenagakerjaan Daerah untuk penanganan masalah permasalahan yang terjadi. Termasuk menyusun langkah-langkah untuk mencegah kejadian serupa.

Ida menyampaikan keprihatinannya atas aksi tersebut. "Kemnaker sangat prihatin dan ikut berduka atas aksi anarkis yang menyebabkan korban jiwa dalam kejadian tersebut," imbuh dia.sinpo

Komentar: