Lima Kecamatan Masuk Wilayah Uji COba Beli LPG 3 kg Pakai KTP

Laporan: Sinpo
Senin, 16 Januari 2023 | 04:34 WIB
Pemerintah berencana tahun depan pembelian tabung gas elpiji 3 kg menggunakan KTP agar nantinya pembelian tepat sasaran bagi warga yang kurang mampu (Ashar/SinPo.id)
Pemerintah berencana tahun depan pembelian tabung gas elpiji 3 kg menggunakan KTP agar nantinya pembelian tepat sasaran bagi warga yang kurang mampu (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id -  Lima kecamatan di seluruh Indonesia masuk dalam wilayah uji coba pembelian LPG 3KG atau elpiji gas melon di lima kecamatan dengan menggunakan KTP. PT Pertamina (Persero) membuat kebijakan itu agar subsidi tepat sasaran.

"Uji coba masih berjalan. Kami cocokan data pembeli melalui KTP dengan data TNP2K dan data P3KE," ujar Coorporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting pada Minggu 15 Januari 2023. 

Lima kecamatan yang menjadi lokasi uji coba antara lain, Kecamatan Cipondoh, Kabupaten Tangerang. Lalu, Kecamatan Ciputat di Kabupaten Tangerang Selatan, Kecamatan Ngalian di Kabupaten Semarang, Kecamatan Batu Alian di Batam dan di Mataram, NTB.

Dia meminta masyarakat di lima kecamatan bisa langsung datang ke penyalur atau agen resmi Pertamina untuk bisa mendapatkan gas melon. Nantinya, pihak Pertamina akan mencocokan data KTP tersebut ke data base sesuai TNP2K dan P3KE.

Nantinya, kata dia, jika uji coba di lima kecamatan ini berjalan baik, kata Irto Pertamina dan Pemerintah akan berdiskusi lebih lanjut terkait perluasan uji coba. Dia memastikan ketersediaan tabung elpiji gas melon masih tersedia dan bisa diakses oleh masyarakat yang memang berhak.

"Jika memang datanya belum tercatat, kita masih membolehkan dengan data yang kami catat secara manual. Kami juga mempersiapkan sistem untuk verifikasinya," tambahnya.sinpo

Komentar: