Hok Lay, Depot Legendaris di Malang yang Sudah Berdiri dari Era '40-an

Laporan: Sinpo
Minggu, 15 Januari 2023 | 01:35 WIB
Lumpia khas Depot Hok Lay/ Pemkot Malang
Lumpia khas Depot Hok Lay/ Pemkot Malang

SinPo.id - Pernak pernik hingga hidangan khas Imlek sudah mulai banyak bermunculan. Seperti diketahui, dalam penanggalan China, tahun baru Kelinci Air akan jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023.

Salah satu yang menjadi sajian khas Imlek yaitu lumpia, atau chun juan dalam bahasa China. Lumpia memiliki makna harapan akan kemakmuran dan kekayaan, karena bentuknya yang menyerupai emas batangan.

Salah satu depot di Kota Malang yang menyediakan lumpia sebagai salah satu menu andalannya adalah Depot Hok Lay. Depot ini sudah berdiri sejak tahun 1946 silam. Bentuk bangunannya memutar waktu ke era tahun 1940-an.

Lantainya masih berkeramik lawas berwarna cokelat, bahkan beberapa bagiannya sudah terlihat usang termakan waktu. Berbagai perabot dan hiasan juga foto lawas yang tergantung rapi di dinding menambah kesan klasik di depot ini.

“Di sini yang favorit lumpia, pangsit cwie mie, dan minumannya fosco. Lumpia di sini memang kita adopsi dari Semarang. Tapi kita sesuaikan dengan lidah orang sini (Malang), kalau lumpia yang asli Semarang rasanya cenderung manis. Nah di sini kita buat lebih gurih,” terang Budiman, pengelola depot Hok Lay yang merupakan generasi ketiga, seperti dikutip dari website Pemkot Malang.

Sama seperti lumpia Semarang pada umumnya, lumpia di depot ini berisi rebung dan juga ada sedikit irisan wortel. Rebung di lumpia ini sama sekali tidak berbau. Seporsinya berisi dua lumpia dan disiram saus tauco yang gurih manis. Dilengkapi dengan daun bawang, selada, dan acar menambah selera makan para pengunjung.

“Kulitnya tipis dan krispi. Anda juga bisa memesan lumpia basahnya atau kalau ingin keduanya, lumpia basah dan goreng. Anda bisa memesan lumpia kombinasi,” katanya.

Depot yang terletak di Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 10, Sukoharjo ini tak pernah sepi pembeli, apalagi pada saat jam makan. “Kami rumah makan tradisional, banyak juga pengunjung dari luar Kota Malang yang ingin coba yang heritage biasanya ke sini. Dari luar negeri ada juga,” ungkap Budiman.

Selain lumpia yang banyak digemari banyak orang, depot ini juga memiliki minuman yang khas yang bernama fosco yang terbuat dari susu sapi murni dan cokelat dan dihidangkan dalam botol minuman soda.

“Kami juga menyediakan berbagai Chinese food lainnya, seperti lo mie, pangsit, bakmi, dan lainnya. Bagi yang ingin mencoba, bisa datang langsung atau hubungi kami Depot Hok Lay yang buka setiap hari pukul 09.00-13.30 WIB dan 17.00-19.30 WIB, kecuali Selasa kami libur,” pungkasnya.sinpo

Komentar: