DPRD Dorong Pemprov Bangun Puskesmas di Tiap Kelurahan di Jakarta

Laporan: Sinpo
Sabtu, 14 Januari 2023 | 22:16 WIB
Puskesmas di Jakarta/ Depkes
Puskesmas di Jakarta/ Depkes

SinPo.id - Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Merry Hotma mendorong Dinas Kesehatan (Dinkes) membangun puskesmas di setiap kelurahan di Ibu Kota. Meski pelayanan kesehatan di Jakarta sudah baik, namun ada beberapa hal yang harus dilengkapi.

"Membangun puskesmas memang tidak mudah, tetapi kami akan berupaya bantu memenuhinya," ujar Merry seperti dikutip dari beritajakarta, Sabtu, 14 Januari 2023.

Merry menjelaskan, kebutuhan layanan kesehatan masyarakat setiap hari terus berubah. Maka dari itu, Dinkes dinilai harus berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan masyarakat.

"Apabila membutuhkan kerja sama dengan pihak luar, silahkan saja. Alangkah baiknya jika kita memiliki puskesmas di tiap kelurahan," terangnya.

Hal senada juga disampaikan, anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta lainnya, Idris Ahmad. Kata dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI harus dapat mengoptimalisasi aset untuk mengatasi masalah kosongnya puskesmas di beberapa kelurahan.

Misalnya mengoptimalkan aset di wilayah kelurahan yang belum dimanfaatkan dengan membangun puskesmas. Dengan begitu, keluhan masyarakat terkait kebutuhan layanan puskesmas diyakini bisa segera ditangani.

"Pembangunan puskesmas memang masih kita kejar dan sudah saya sampaikan juga ke Pj Gubernur. Misalnya ada aset milik Dinsos yang tidak ada rencana peruntukan, aset itu bisa dialihkan untuk dibangun puskesmas," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti mengakui hingga kini masih ada wilayah kelurahan yang belum memiliki puskesmas. Pembangunan puskesmas harus memenuhi beberapa persyaratan, misalnya minimal jumlah penduduk di kelurahan yang akan dibangun puskesmas sekitar 30.000 orang.

"Kami terus mengupayakan pembangunan puskesmas di satu kelurahan," tandasnya.

Adapun 15 kelurahan di DKI Jakarta yang belum memiliki puskesmas terdiri dari Kelurahan Duri Selatan, Kelurahan Jembatan Lima, Kelurahan Karanganyar, Kelurahan Tangki, Kelurahan Gambir, Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kelurahan Cikini, dan Kelurahan Senen.

Kemudian Kelurahan Glodok, Kelurahan Gondangdia, Kelurahan Kebon Kacang, Kelurahan Kemayoran, Kelurahan Cipedak, Kelurahan Karet Semanggi dan Kelurahan Kebayoran Lama Selatan.sinpo

Komentar: