Perpustakaan Jadi Etalase Budaya

Laporan: Sinpo
Jumat, 13 Januari 2023 | 05:58 WIB
Ilustrasi perpustakaan/Ist
Ilustrasi perpustakaan/Ist

SinPo.id -  Anggota Komisi X DPR RI Rano Karno berharap Perpustakaan Daerah (Perpusda) di Indonesia selain sebagai pusat literasi juga dapat menjadi etalase budaya bagi masing-masing daerah. Menurutnya, perpustakaan bukan hanya berisi karya-karya tertulis, tetapi juga karya-karya tersirat seperti kebudayaan.

"Kebetulan saya Sekretaris di Badan Kebudayaan Nasional mengharapkan Perpustakaan itu menjadi etalase budaya, karena Perpustakaan itu ada yang tertulis dan ada yang tersirat. Jadi ini yang harus mulai kita ciptakan," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu 11 Januari 2023. 

Lebih lanjut, Anggota DPR yang juga seorang sineas ini menilai, pengembangan Perpustakaan digital juga perlu untuk terus didorong. Sebab, perkembangan digitalisasi merupakan suatu hal yang tak dapat dihindari. Sehingga, Perpustakaan juga harus mampu mengikuti perkembangan tersebut. "Dunia maya itu tidak bisa kita hindari, harus kita masuki. Nah ini fisik (bangunan perpustakaan) bagus, namun apakah digital di wilayah ini semuanya sudah merata," imbuhnya 

Untuk itu, pihaknya mengapresiasi capaian realisasi anggaran Perpusnas tahun 2022 serta mendukung penuh penambahan anggaran bagi Perpustakaan Nasional agar keberadaan Perpustakaan-Perpustakaan di berbagai wilayah di Indonesia dapat terealisasi dengan baik sehingga dapat meningkatkan literasi masyarakat Indonesia. 

"Saya surprise sekali dari pagu (anggaran tahun 2022) itu realisasinya 98 persen. Ini jarang sebuah lembaga bisa mencapai ini. Harusnya kita berjuang lagi untuk menambah anggarannya, supaya Perpustakaan di beberapa wilayah bisa terealisasi, terbangun lagi, karena kalau kita beranggapan pustakawan tidak diperlukan, mati negeri ini," tegas Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini.

Diketahui realisasi anggaran Perpusnas tahun 2022 per 31 Desember 2022 adalah sebesar 98,41 persen atau sebesar Rp649 miliar dari pagu anggaran tahun 2022 sebesar Rp660 miliar. sinpo

Komentar: