Kenaikan Harga Pangan, DPR: Operasi Pasar Hanya Seperti Pemadam Kebakaran

Laporan: Sinpo
Rabu, 11 Januari 2023 | 23:19 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI, Firman Soebagyo/ Golkarpedia
Anggota Komisi IV DPR RI, Firman Soebagyo/ Golkarpedia

SinPo.id - Anggota Komisi IV DPR RI, Firman Soebagyo mengingatkan pemerintah agar memenuhi kebutuhan pokok di masyarakat. Pasalnya kebutuhan pokok merupakan suatu yang fundamental, sehingga itu tidak boleh terjadi kelangkaan dan kekurangan.

Politikus Partai Golkar ini menyebut, ada beberapa faktor yang menyebabkan harga-harga bahan pokok pangan  mengalami kenaikan.

Pertama, memang produksi pertanian dalam negeri ini belum mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri, kemudian juga memang produksi pertanian ini termasuk relatif masih tinggi biayanya karena petani kita saat ini masih bekerja secara konvensional.

"Kemudian kedua, produksi pangan akhir-akhir ini mengalami penurunan akibat adanya anomali cuaca dan bencana dimana-mana. Otomatis ini akan berdampak kepada produksi petani nasional akhirnya menurun semisalnya akibat bencana banjir yang akan berdampak gagal panen itu akan makin banyak," ujar Firman dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 11 Januari 2023.

Operasi pasar, kata Firman, sifatnya hanya seperti pemadam kebakaran, yang hanya mengatasi masalah pangan sesaat. Menurutnya, harus ada strategi yg dilakukan secara kesinambungan oleh pemerintah, Kementerian Pertanian dan Bappenas

"Bagaimana mengatasi hal-hal seperti ini banjir karena apa? Di satu sisi hutan di daerah juga gundul mungkin juga ada faktor-faktor lain karena banyak didaerah program-program pembangunan tidak memperhatikan masalah lingkungan, seperti terjadi di DKI Jakarta atau di Jawa Tengah yang akhir-akhir ini dilanda banjir terus menerus," ucapnya.

Terkait infrastruktur sektor pertanian, kata Firman juga penting karena ketahanan pangan merupakan kunci menuju kedaulatan pangan. Rencana kerja Pemerintah harus betul-betul mendesain konsep pembangunan sektor pertanian dengan konsep hulu sampai hilir.

"Serta perlu adanya evaluasi yang bekesinambungan dan evaluasi ini untuk memperbaiki kebijakan-kebijakan masa lalu yang tidak bisa memberikan efek positif bagi petani harus diperbaiki. Kemudian juga memberikan kemudaha dan fasilitas petani di daerah," kata dia.
 sinpo

Komentar: