Dewan Pers SinPo

Pemerhati Anak Ingatkan Potensi Bahaya Lato-Lato

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 10 Januari 2023 | 08:19 WIB
Lato-lato/DKYLB
Lato-lato/DKYLB

SinPo.id -  Pemerhati Anak, Retno Listyarti, mengingatkan orangtua untuk selalu wadpada terhadap potensi bahaya dari permainan lato-lato bagi anak setelah viral video seorang anak yang mengalami luka di mata akibat pecahan lato-lato.

Menanggapi kasus tersebut, ia mengimbau agar permainan lato-lato dimainkan ditempat yang tepat, pada usia anak yang tepat, dan dengan pendampingan orang tua untuk keselamatan anak itu sendiri.

"Batas usia anak bermain Lato Lato, yaitu minimal 8 tahun, Karena anak usia 8 tahun ke atas telah memiliki kemampuan kognitif untuk menangkap rules saat bermain lato-lato, baik dilakukan secara sendiri maupun bersama temannya," kata Retno melalui keterangan tertulis, Selasa 10 Januari 2023.

Meskipun lato-lato dapat menstimulus kemampuan motorik anak, dan meningkatkan fungsi koordinasi antara kemampuan kognitif, ia meminta orangtua untuk tetap menerapkan aturan waktu bermain agar anak tidak kelelahan.

"Jika permainan lato-lato dilakukan oleh anak pada usia yang kurang tepat atau meskipun di usia yang tepat tapi dilakukan secara berlebihan, dapat menimbulkan pembengkakan pada tangan," ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Retno, orang tua juga harus memastikan lato-lato yang dimainkan anaknya berbahan aman dan tak mudah pecah meski dibenturkan berkali-kali, agar anak-anak terhindar dari serpihan lato-lato ketika pecah dan berpotensi mengenai wajah terutama bagian mata.

"Pastikan juga tali lato-lato kuat dan tidak mudah putus, karena ketika talinya putus saat dimainkan akan berpotensi mengenai benda atau manusia di sekitar anak yang sedang bermain," katanya menambahkan.sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER