Tujuh Anak Alami Keracunan Akibat Konsumsi Chiki Ngebul

Laporan: Sinpo
Jumat, 06 Januari 2023 | 00:28 WIB
Ilustrasi 'chiki ngebul'. Foto: Getty Images/iStockphoto/energyy
Ilustrasi 'chiki ngebul'. Foto: Getty Images/iStockphoto/energyy

SinPo.id -  Sebanyak tujuh anak keracunan nitrogen di Tasikmalaya, Jawa Barat. Mereka mengeluhkan mengalami sejumlah gejala setelah mengonsumsi jajanan yang dicampur dengan nitrogen atau chiki ngebul.

"Anaknya sudah sehat sekarang," kata Kepala Biro Komunikasi Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi.

Kementerian Kesehatan RI menyatakan kasus keracunan nitrogen cair bukan Kejadian Luar Biasa (KLB). 

"Kami sampaikan bahwasanya tidak terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB), hanya terjadi peningkatan kasus dalam penggunaan nitrogen cair yang bersifat lokal. Namun demikian jika terjadi kejadian serupa di tempat lain, tetap perlu melaporkan dan memantau serta berkoordinasi penanganannya di lapangan," demikian keterangan Kemenkes.

Ketujuh anak itu mengalami gejala mual, muntah dan begah perut saat mengonsumsi jajanan 'chiki ngebul'. Dari tujuh kasus, satu anak dilarikan ke rumah sakit untuk dioperasi. Beruntung kondisi anak tersebut saat ini membaik dan sudah boleh pulang.

"Kalau yang satu kasus ini gejalanya nyeri perut mendadak dan perut bertambah besar. Jadi seperti ususnya bocor," ujarnya. 

Kemenkes mengingatkan agar masyarakat mewaspadai dan melaporkan jika ada kasus keracunan nitrogen cair usai mengonsumsi 'chiki ngebul'. Dia juga mengimbau agar seluruh dinas kesehatan baik di provinsi maupun kabupaten/kota segera melakukan respons cepat jika ditemui kasus serupa.

Dinas kesehatan dan fasilitas kesehatan agar langsung melapor ke kontak Tim Kerja Pelayanan Kesehatan Rujukan di [email protected] atau nomor 0882-1599-2763.sinpo

Komentar: