Rekomendasi Timsel Calon Anggota Bawaslu Provinsi Jadi Acuan Rekrutmen

Laporan: Sinpo
Kamis, 05 Januari 2023 | 01:52 WIB
Anggota Bawaslu Puadi saat menerima Timsel calon Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) di ruang rapat lantai 5, kantor Bawaslu, Rabu (4/1/2023)
Anggota Bawaslu Puadi saat menerima Timsel calon Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) di ruang rapat lantai 5, kantor Bawaslu, Rabu (4/1/2023)

SinPo.id -  Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Puadi berkomitmen menjadikan rekomendasi
Tim Seleksi (Timsel) Bawaslu Provinsi yang akan melakukan seleksi calon Anggota Bawaslu Provinsi di daerahnya, sebagai pertimbangan penting dalam proses rekrutmen.

Puadi mengatakan itu saat menerima Timsel calon Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) di ruang rapat lantai 5, kantor Bawaslu, Rabu 4 Januari 2023.

Dia menekankan apa yang telah dilaporkan oleh Timsel calon Anggota Bawaslu Provinsi Kalbar, akan dijadikan acuan dalam proses rekrutmen berikutnya. Apalagi dia menambahkan, dalam waktu dekat, Bawaslu akan melakukan rekrutmen calon Anggota Bawaslu Provinsi Aceh, Sulsel, dan Sultra.

“Yang jelas, ini menjadi satu catatan buat kami (Bawaslu RI), kalau yang disampaikan teman-teman Timsel persoalannya apa? Dan juga rekomendasi yang diberikan kepada kami, menjadi suatu bahan evaluasi agar persoalan dan kendala yang ada, bisa diatasi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Puadi berkomitmen bahwa laporan yang telah diberikan akan dijadikan acuan dalam proses rekrutmen anggota Bawaslu Provinsi berikutnya.

Dalam audiensi tersebut, salah satu Anggota Timsel Masruhah mengungkapkan permasalahan yang dihadapi timnya jelang proses rekrutmen,  salah satunya adalah terkait timeline rekrutmen yang padat. Selain itu, dia juga menjelaskan keterlibatan perempuan dalam rekrutmen masih sangat sedikit. Tercatat dari 10 calon anggota yang lolos, hanya terdapat 2 orang perempuan yang lolos.

Menanggapi hal tersebut, Puadi mengamini bahwa dalam rekrutmen Anggota Bawaslu Provinsi memang sering menghadapi permasalahan. Terutama terkait dinamika yang kerap terjadi di dalam proses rekrutmen.

“Dinamikanya ini ada di proses tinggal bagaimana outputnya menghasilkan sesuai dengan yang kita harapkan . Dan sekedar informasi juga dalam waktu dekat ini ada tiga wilayah yang kita sedang melalui proses rekrutmen di Bawaslu Provinsi,” jelas Puadi.

Mantan Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta itu juga mengapresiasi kerja-kerja Timsel Anggota Bawaslu Kalbar meski dihadapkan beberapa permasalahan. Dia juga berharap di semua rekrutmen Anggota Bawaslu Provinsi dapat menghasilkan pimpinan Bawaslu Provinis yang berintegritas, jujur, amanah, dan berpengalaman.sinpo

Komentar: