Dewan Pers SinPo

Pertamina: Solar dan Pertalite Harga Tetap karena Disubsidi Pemerintah

Laporan: Sinpo
Rabu, 04 Januari 2023 | 00:36 WIB
Ilustrasi SPBU (SinPo.id/Pertamina)
Ilustrasi SPBU (SinPo.id/Pertamina)

SinPo.id -  Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan harga jual BBM subsidi, Pertalite dan Solar, tidak turun, karena selama delapan bulan terakhir 2022, pemerintah dan Pertamina menanggung beban harga jual saat harga minyak dunia melambung tinggi.

"Solar dan Pertalite harganya tetap karena kan selama ini disubsidi banyak oleh pemerintah. Kami itu selama harga minyak dunia melambung menjual harga solar dan pertalite itu setengah dari harga pasar," ujar Nicke di SPBU MT Haryono, Selasa 3 Januari 2023. 

Saat harga minyak dunia melambung, Pertamina tetap menjaga harga Pertalite dan Solar tidak naik signifikan untuk menjaga daya beli masyarakat. Apalagi, kata Nicke saat harga minyak dunia melambung kompetitor lain menjual dengan harga pasar. Dengan harga jual yang saat ini untuk Pertalite dan Solar pun masih di bawah angka keekonomian. 

"Seperti solar misalnya kita banderol Rp 6.800 per liter. Padahal kompetitor banyak menjual dua kali lipat dari harga kami. Pemerintah tetap berkomitmen memberikan subsidi bagi masyarakat. Dengan adanya mekanisme subsidi dan kompensasi, untuk Jenis BBM Khusus Penugasan atau BBM subsidi," ujar Nicke.

Meski begitu, Nicke menjamin pemerintah dan Pertamina tetap akan menjaga pasokan BBM di seluruh pelosok tanah air. 

"Penentuan harga ini juga terus  mempertimbangkan berbagai aspek agar tetap dapat menjamin keberlangsungan penyediaan dan penyaluran BBM hingga seluruh pelosok tanah air, mengingat Pertamina hadir menyalurkan BBM diseluruh provinsi di Indonesia," tambah Nicke.

 sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER