Strategi Ekonomi Jokowi Diyakini Membuat Indonesia Aman pada 2023

Laporan: Juven Martua Sitompul
Minggu, 01 Januari 2023 | 20:12 WIB
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Negara, Jakarta. (Sumber: Tangkapan Layar)
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Negara, Jakarta. (Sumber: Tangkapan Layar)

SinPo.id - Strategi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penguatan ekonomi nasional menghadapi ancaman krisis ekonomi pada 2023 diacungi jempol. Strategi ini bahkan diyakini membuat Indonesia masih aman dari ancaman resesi pada 2023.

“Secara eksekusi memang jago sekali ini Jokowi. Kalau yang paling terasa dampaknya itu pas eranya Jokowi. Dia yang buat kebijakan tentang industri pengelohan, menurutnya hasil tambang itu jangan mentahnya saja yang dijual atau di ekspor, tapi sudah dikelola atau diolah baru di ekspor supaya makin mahal harganya,” kata pakar ekonomi Universitas Negeri Makassar (UNM), Andika Isma, kepada wartawan, Jakarta, Minggu, 1 Januari 2023.

Andika mengatakan prospek ekonomi global tahun 2023 akan gelap karena diliputi ketidakpastian yang sangat tinggi. Namun, Indonesia bisa survive dengan kondisi tersebut karena tidak bertumpu pada ekspor saja tetapi juga pada konsumsi domestik. 

“Kondisi indonesia masih cukup baik dan diperkirakan mampu bertahan menghadapi resesi global. Kenapa bisa? karena Indonesia itu berbeda dengan negara-negara lain yang terlalu bertumpu pada ekspor. Perekonomian Indonesia lebih bertumpu pada konsumsi domestik yang diperkirakan terus membaik seiring dengan hilangnya Pandemi,” uujarnya.

Ekonomi Indonesia, kata Andika, masih tetap kuat dengan pendapatan ekspor yang cukup tinggi, yakni komoditas pertambangan.

"Dari sisi ekspor, Indonesia juga masih akan terbantu dengan tingginya harga komoditas, termasuk di pertambangan tadi,” ucapnya.

Andika mengatakan Indonesia akan ikut merasakan imbas dari resesi global jika benar-benar terjadi. Tetapi, dampak tersebut tidak terlalu berpengaruh karena harga komoditas akan terus melonjak dan itu secara otomatis menguntungkan Indonesia.

“Yah 2023, perekonomian Indonesia memang berpotensi mengalami perlambatan tapi tidak sampai resesi. Resesi nanti tidak menurunkan harga komoditas, tapi malah masih akan tetap tinggi dan otomatis pasti menguntungkan Indonesia,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi resesi global, dia menyarankan pemerintah tetap harus menjaga kepercayaan diri pelaku usaha. Terpenting, memastikan pandemi benar-benar berakhir sehingga proses pemulihan ekonomi terus berlanjut.

Andika pun mengakui Indonesia saat ini kecipratan duit triliunan rupiah dari hasil jual bahan tambang mentah sebesar Rp173,5 triliun atau sekitar 170 persen. Ini melampaui target yang dipatok oleh pemerintah tahun 2022.

“Berdasarkan data, dari Dirjen Minerba Kementerian ESDM, di sana itu mencatat tentang bagaimana Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), dari sektor pertambangan itu memang sebesar Rp173,5 triliun. Atau sekitar 170 persen yang melampaui target yang ditetapkan oleh pemerintah yang awalnya targetnya cuma Rp101,8 triliun, melebihi target menjadi Rp173,5 triliun,” kata dia.

“Nah, itu data yang diakumulasi berdasarkan laporan per 16 Desember 2022. Bisa dibilang, memang harga komoditas itu memang cemerlang. Harga tersebut terjadi karena terutama kenaikan harga batu bara, yang saat ini meroket harganya ditengah konflik antara Rusia dan Ukraina. Jadi, memang itu penyebab utamanya. Berdasarkan data, terkait pertambangan capaian PNBP melalui komoditas tambang yang sedang cemerlang-cemerlangnya,” timpal dia.sinpo

Komentar: