Pecatur Asal Iran Tampil Tanpa Jilbab di Turnamen Internasional Kazakhstan

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 28 Desember 2022 | 01:08 WIB
Seorang pemain catur wanita asal Iran, Sara Khadem,
Seorang pemain catur wanita asal Iran, Sara Khadem,

SinPo.id -  Seorang pemain catur wanita asal Iran, Sara Khadem, tampil tanpa memakai jilbab di turnamen internasional di FIDE World Rapid and Blitz Chess Championships di Almaty, Kazakhstan.

Khadem, yang juga dikenal sebagai Sarasadat Khademalsharieh, lahir pada tahun 1997. Menurut situs Federasi Catur Internasional, ia berada di peringkat 804 dunia.

"Beberapa atlet wanita Iran telah bertindak melawan norma-norma Islam dan kemudian meminta maaf atas tindakan mereka," kata wakil Menteri Olahraga Iran, Maryam Kazemipour, seperti dilansir dari Reuters, pada Selasa 27 Desember 2022.

Para wanita Iran telah memainkan peran penting dalam mendukung aksi protes atas kematian Mahsa Amini, dengan melepas dan membakar jilbab mereka.

Pada bulan Oktober, seorang pendaki Iran, Elnaz Rekabi, berkompetisi di Korea Selatan tanpa mengenakan jilbab, dan kemudian mengatakan dia melakukannya secara tidak sengaja.

Pada bulan November, seorang pemanah Iran mengatakan dia tidak melihat jilbabnya jatuh selama upacara penghargaan di Teheran, padahal dari video yang beredar terlihat dia membiarkan jilbabnya jatuh.

Bahkan beberapa tim olahraga nasional menahan diri untuk tidak menyanyikan lagu kebangsaan, terutama sebelum pertandingan pembukaan Iran di Piala Dunia sepak bola. Tim bernyanyi menjelang pertandingan kedua dan ketiga.sinpo

Komentar: