11 Provinsi Berpotensi Cuaca Ekstrem Hingga 1 Januari 2023

Laporan: Sinpo
Senin, 26 Desember 2022 | 22:10 WIB
Cuaca Hujan/beritajakarta
Cuaca Hujan/beritajakarta

SinPo.id -  11 provinsi berpotensi hujan lebat hingga 1 Januari 2023. Ke-11 provinsi itu, yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

"Ini gambaran prakiraan cuaca dari BMKG dari 25 Desember sampai 1 Januari ada potensi hujan lebat hingga sangat lebat di 11 provinsi, kalau kita bicara hujan sangat lebat maka yang kita khawatirkan adalah daerah sekitaran aliran sungai kemudian daerah sekitar lereng tebing," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam jumpa pers, Senin 26 Desember 2022.

Sedangkan sembilan provinsi lainnya diprediksi hujan sedang hingga lebat. Yaitu Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Untuk itu, dia meminta masyarakat 
mewaspadai ketika hujan lebat lebih dari dua jam. Dia mengatakan warga diimbau untuk menunggu hingga dua jam setelah hujan berhenti untuk mengantisipasi datangnya banjir. Dia mencontohkan ketika tinggi muka air di Pintu Katulampa, tinggi. Maka perkiraan aliran air tiba di Jakarta bisa 6 atau 8 jam ke depan.

"Ini masyarakat di sekitar aliran sungai, daerah lereng tebing yang tak ada vegetasi ataupun ada vegetasi sebaiknya menyingkir ke tempat aman, setelah hujan reda jangan langsung kembali ke rumah, tunggu 1-2 jam, karena debit di hulu butuh waktu untuk sampai hilir. Ini harus diwaspadai," kata dia. 

Untuk itu, dia meminta warga yang berwisata ke daerah wisata air waspada.

"Khusus untuk daerah aliran sungai dan air terjun perhatikan kalau hujan lebat, sekarang ada glamping, ada kita menginap di sepanjang aliran sungai, kalau hujan lebih dari 2 jam, naik dulu ke tempat aman," tambahnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI