KPK Selamatkan Keuangan Negara hingga Rp 57,9 T Selama 2022

Laporan: Sinpo
Rabu, 21 Desember 2022 | 04:14 WIB
Firli Bahuri/net
Firli Bahuri/net

SinPo.id -  Selama 2022, KPK menyelamatkan keuangan negara hingga mencapai Rp57,9 triliun. Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan pencegahan korupsi menjadi penting karena melalui pencegahan maka telah menyelamatkan potensi kerugian negara.

"KPK telah menyelamatkan kurang lebih kerugian negara Rp57,9 triliun tahun 2022," jelas Firli Bahuri.

Pernyataan itu disampaikan dalam acara Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi Tahun 2023-2024 yang mengusung tema 'Digitalisasi Untuk Cegah Korupsi', Selasa 20 Desember 2022.  

Nantinya, kata dia, hasil dari pencegahan korupsi yang dilakukan KPK itu bisa digunakan untuk pembangunan negara. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

"Dan itu bisa kita gunakan untuk belanja-belanja dalam rangka menopang menyukseskan program-program pemerintah," ujarnya.

Sebagai informasi, peluncuran aksi ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2018 (Pasal 5) yang menyebutkan bahwa aksi pencegahan korupsi ditetapkan 2 tahun sekali oleh Tim Nasional Pencegahan Korupsi (Timnas PK).

Acara ini dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Selain itu hadir pula Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas.sinpo

Komentar: