Temuan Dugaan Kecurangan Penyelenggara Pemilu Masalah Serius

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 19 Desember 2022 | 22:01 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Temuan dugaan kecurangan penyelenggara pemilihan umum atau Pemilu disebut hal serius yang harus didalami dan ditindaklanjuti.  Meski masih dugaan, kecurangan sistem menentukan integritas Pemilu 2024.

"Ini perkara serius. Harus dibongkar," kata anggota Komisi II Mardani Ali Sera kepada SinPo.id, Senin, 19 Desember 2022.

Mardani minta semua pihak yang diduga terlibat agar dimintai keterangan terkait praktik kotor tersebut. "Mesti dijawab oleh para pihak. Dasar pemilu kita jujur dan adil. Integritas pemilu sangat ditentukan oleh kasus ini," kata Mardani menambahkan.

Dia mendorong pihak terkait menyelidiki temuan ini secara tuntas. Termasuk memberi kesempatan semua nama-nama yang terlibat untuk mengklarifikasi tudingan.

Menurut Mardani, isu kecurangan Pemilu sudah masuk ke Komisi II, ia bersama anggota dewan lain juga telah membuka komunikasi terkait dugaan kecurangan Pemilu agar dibawa ke dalam rapat dengar pendapat (RDP).

"Tadi bincang dengan beberapa kawan akan dibahas khusus dlm RDP berikut," katanya.

Tercatat, munculnya dugaan kecurangan Pemilu disampaikan Indonesia Corruption Watch (ICW) yang menyebut indikasi penyelenggara pemilu daerah di 12 Kabupaten dan 7 provinsi berbuat curang dalam verifikasi faktual partai politik.

Temuan ini merupakan laporan dari penyelenggara pemilu di daerah dan masyarakat sipil kepada pos pengaduan yang dibuka oleh Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Bersih sejak seminggu lalu.

 sinpo

Komentar: