Deklarasi Anies Capres 2024, Belum Mampu Angkat Elektabiltas NasDem

Laporan: Sinpo
Minggu, 18 Desember 2022 | 19:45 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (SinPo.id/Anam)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (SinPo.id/Anam)

SinPo.id -  Deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024 belum menaikkan elektabilitas partai NasDem secara signifikan. Ini merupakan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terkait tren elektabilitas partai pada Desember 2022 secara daring, Minggu 18 Desember 2022.   
 
"Sejauh ini dekralasi (Anies Baswedan sebagai capres dari NasDem) itu belum punya dampak menaikkan elektabiltas NasDem secara signifikan," ujar Direktur Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Deni Irvani.

Menurut Deni, hasil deklarasi dan mobilisasi massa di sejumlah daerah yang dilakukan NasDem dan Anies juga belum terlihat.

"Kalau survei sebelumnya juga kita peroleh NasDem di atas 4 persen, sekarang 3,2 persen. Kalau ada efek kan mestinya ada kenaikan yang konsisten pada NasDem," jelas dia.

Partai NasDem sendiri mendapat perolehan suara 3,2 persen. Hal itu membuat NasDem menempati posisi kedelapan dalam survei SMRC periode terkini.

Sementara di posisi pertama ada PDIP dengan perolehan 24,1 persen. Lalu, posisi berikutnya ada Golkar dengan 9,4 persen, Gerindra dengan 8,9 persen dan Demokrat dengan 8,9 persen.

Selanjutnya, terdapat PKS dengan 6,2 persen, PKB dengan 6,1 persen, Perindo dengan 4,6 persen, Nasdem dengan 3,2 persen, PPP 2,9 persen, dan PAN 1,7 persen.

Sedangkan partai-partai lain, seperti PBB, Hanura, Garuda, PSI, Buruh, dan Gelora, masing-masing mendapat dukungan di bawah 1 persen. Sementara itu, 20,9 persen responden lain belum mengetahui pilihan partainya.


 sinpo

Komentar: