Urai Kemacetan, Dishub DKI Bakal Atur Lampu Lalin dengan Teknologi AI

Laporan: Zikri Maulana
Jumat, 09 Desember 2022 | 17:11 WIB
Ilustrasi lampu lalu lintas/ NTMC Polri
Ilustrasi lampu lalu lintas/ NTMC Polri

SinPo.id - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berencana menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelegence (AI), untuk mengatur durasi lampu lalu lintas di Ibu Kota. Hal ini sebagai upaya mengurai kemacetan Jakarta. 

Kepala Unit Pengelola Sistem Pengendalian Lalu Lintas Dishub Provinsi DKI Jakarta Emanuel Kristanto mengatakan, penggunaan teknologi AI ini merupakan hasil kerja sama dengan pihak Google Indonesia. 

“Kami tengah bekerja sama dengan Google Indonesia untuk optimasi traffic light di persimpangan. Mereka akan gunakan teknologi AI,” kata Emanuel saat dikonfirmasi wartawan, Jumat 9 Desember 2022. 

Emanuel menjelaskan, dengan penggunaan teknologi AI ini nantinya kepadatan lalu lintas dapat dipantau dan dianalisa secara langsung di lapangan. 

"Secara garis besar Google akan menggunakan teknologi AI mereka untuk menganalisa volume lalu lintas di persimpangan dan merekomendasikan waktu nyala hijau yang optimal di masing-masing kaki persimpangan,” katanya. 

Kemudian, data kepadatan lalu lintas yang berhasil dihimpun selanjutnya dikirimkan ke Dishub untuk kemudian diaplikasikan dalam pengaturan durasi waktu lampu lalu lintas di persimpangan. 

“Data dikirim ke Dishub dan kita aplikasikan di lapangan,” ucapnya. sinpo

Komentar: